Google Doodle Ikut Populerkan Batik Indonesia

Google Doodle Ikut Populerkan Batik Indonesia

Google Doodle Rayakan Hari Batik Nasional (Foto: Screenshot)

JAKARTA - Tampilan Google Doodle hari ini memperlihatkan tema busana batik. Google Doodle menampilkan gambar yang menunjukkan variasi motif batik yang dikenakan oleh anak muda maupun orang dewasa.

Bila Anda mengklik gambar Doodle, Anda akan dibawa menuju hasil pencarian Batik Indonesia. Doodle menampilkan tema batik untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini atau 2 Oktober 2014.

Batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Wikipedia menerangkan, Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa, yakni "amba" yang bermakna "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik". Batik merupakan kerajinan yang kental dengan seni dan menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa).

Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia yang sampai saat ini masih ada.

(ahl)

Baca Juga

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet