First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet

Peluncuran layanan First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet (foto: Bhirawa/Okezone)

JAKARTA - Linknet First Media, perusahaan penyedia TV berbayar dan layanan internet mengumumkan layanan baru, Kamis, (2/10/2014) di Jakarta. Layanan ini menggabungkan penggunaan TV berbayar dengan konektivitas internet.

Richard Kartawijaya, CEO PT Linknet mengatakan Indonesia ditempatkan di lini depan dalam industri televisi berbayar. "Upaya tersebut dilakukan dengan pengungkapan set top box Android dengan sertifikasi Google pertama di Indonesia bernama Smart Box HD," ujarnya.

Smart Box HD ini menggunakan sistem operasi Google Android 4.2 Jelly Bean. Selain itu ada fitur video on demand, catch up TV dan akses ke internet.

Dedy Handoko, Head of Product PT Linknet mengatakan top box ini memiliki keunggulan konvergensi. "Kenapa disebut converge? Semua device bisa dilempar lewat TV menjadi remote. Semua itu menjadi multi device interactivity," tuturnya.

Chief Technology Officer PT Linknet, Desmond Poon mengatakan dengan satu kotak ini pengguna dapat menonton TV sekaligus menggunakan internet dan bisa dilakukan secara bersamaan.

Selain itu, terdapat media penyimpanan hard disk kapasitas 500GB, panduan yang bisa melihat jadwal acara sesuai jam dan saluran. Acara tersebut bisa direkam atau memunculkan reminder jika acara sudah dimulai.

Mengenai harga, Richard mengatakan belum mau mengungkapkannya. Namun ia melihat pasarnya besar sekali karena jumlah pelanggan yang menggunakan jasa Linknet mendekati  400 ribu.

Dedy Handoko mengatakan segmentasi target perangkat ini awalnya merupakan pemakai yang sudah ada tahun ini. "Akan melakukan free trial sebanyak 250 pelanggan. Nanti ada informasinya di web," ujarnya.

Dedy mengatakan TV yang bisa digunakan harus memiliki HDMI. "Ga perlu internet ready, karena inputnya dari top box ini. Layanannya dari kita, bandwithnya dari kita, ujarnya.

(amr)

Baca Juga

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet

First Media Gabungkan Layanan TV dan Internet