Polisi Kenya Tangkap 77 Orang Peretas China

Polisi Kenya Tangkap 77 Orang Peretas China

Foto peta wilayah negara Kenya (Foto: Aljazeera)

WASHINGTON – Kedutaan besar Amerika yang berada di wilayah Kenya di kota Nairobi mengungkapkan, kepolisian Kenya telah menangkap sebanyak 77 orang China yang diduga kuat melakukan kegiatan memata-matai/ spionase terhadap wilayahnya.

Dugaan kuat tersebut diidentifikasi setelah melihat warga negara asal China, menggunakan peralatan komunikasi canggih di beberapa rumah di lingkungan Nairobi. Seperti dikutip dari laman situs Aljazeera, Jumat (5/12/2014).

Saat ini, Kementerian Luar Negeri Kenya telah melakukan panggilan terhadap diplomat tinggi China di Ibu Kota Nairobi terkait permasalahan dugaan tersebut.

“Bersiap-siap untuk menyerang sistem komunikasi negara,” jelas salah satu Polisis Kenya saat melakukan penggerebekan. Pihaknya juga mengungkapkan, telah menemukan sejumlah peralatan yang diduga dimanfaatkan untuk menyusup rekening bank dan server pemerintah, seperti M-Pesa sistem mobile banking Kenya dan mesin ATM.

“Para tersangka sedang diinterogasi perihal penggunaan gadget komunikasi yang mereka gunakan. Mereka telah mendapatkan dakwaan di pengadilan,” jelas Ndegwa Muhoro, Direktur Departemen Investigasi Pidana Kenya.

Penangkapan ini dilakukan pada Minggu lalu, saat semua peralatan komputer terpasang lengkap di salah satu rumah sewa yang ditempati tersangka yang dekat dengan markas Kedutaan Besar AS dan PBB yang beberapa waktu lalu terbakar.

Pihak Polisi Kenya juga menduga bahwa kelompok yang ditangkap ini melakukan pembuatan kartu ATM ganda dan diduga keras para pelaku melakukan pencucian uang dan penipuan di Internet.

(amr)

Baca Juga

Jajaran Aplikasi Panggilan Gratis di Android (1)

Jajaran Aplikasi Panggilan Gratis di Android (1)