MWC 2015, Google Bawa 50 Komponen Ponsel Modular

MWC 2015, Google Bawa 50 Komponen Ponsel Modular

Google Project Ara (Foto: PhoneArena)

CALIFORNIA – Setelah CES 2015 berakhir, ajang serupa bertajuk Mobile World Congress (MWC) 2015 akan segera digelar di Barcelona, Spanyol, Maret mendatang. Hajatan tersebut dimanfaatkan oleh para produsen smartphone untuk memamerkan produk mereka.

Selain HTC dan Samsung yang ikut menggelar produk mereka, Google, raksasa mesin pencarian di internet ini akan menampilkan teknologi canggih mereka, yakni Project Ara. Project Ara merupakan ponsel modular yang memungkinkan penggunanya untuk merakit ponselnya sendiri.

Dilansir laman PhoneArena, Jumat (13/2/2015), Project Ara akan membawa beberapa bagian tubuhnya ke Barcelona bulan depan untuk acara MWC. Sebanyak 50 komponen modular diperkirakan akan ditampilkan dan diharapkan Project Ara akan menampilkan versi kerja lengkap dari handset modular tersebut.

Pada akhirnya, Project Ara memungkinkan penggunanya untuk upgrade kamera, RAM, GPU, layar, dan komponen lainnya dengan komponen yang baru. Pada Rabu kemarin Toshiba mengumumkan telah berkerjasama dengan Gujarat Chipmaker Einfochips untuk memproduksi chip untuk handset Project Ara.

Toshiba Senior Vice President and Chief Technology Officer Shardul Kazi mengatakan bahwa perusahaan telah merancang dua versi berbeda dari telefon tersebut, yakni Spiral One dan Spiral Two. Selanjutnya Kazi juga menambahkan bahwa harga modul akan berkisar antara USD50 atau sekira Rp637 ribu hingga USD500 atau sekira Rp6,3 juta.

(amr)

Baca Juga

Tertangkap di FCC, Google Berniat <i>Bikin Headphone</i> Sendiri?

Tertangkap di FCC, Google Berniat Bikin Headphone Sendiri?