Google Project Loon Sediakan Internet untuk Wilayah Terpencil

Google Project Loon Sediakan Internet untuk Wilayah Terpencil

Google Project Loon (Foto: Engadget)

CALIFORNIA - Google telah mengumumkan proyek untuk mempeluas jangkauan internet di seluruh dunia. Dinamakan Project Loon, Google kini menyediakan Sri Lanka dengan internet berkecepatan tinggi.

Dilansir Engadget, Rabu (29/7/2015), Project Loon melibatkan balon udara yang dapat melayang di ketinggian tertentu. Setelah dua tahun dalam pengujian dan peningkatan teknologi, Google Project Loon kini diperluas untuk mendukung akses internet di Sri Lanka.

Tim pengembang di Google merealisasikan proyek mereka dengan perangkat balon yang dapat mengirimkan sinyal ke tanah. Sinyal tersebut menyediakan jangkauan internet bahkan di lokasi pedesaan.

Menurut Mangala Samaraweera, Menteri Luar Negeri Sri Lanka, Google berencana untuk melepaskan balon Project Loon mereka dalam beberapa bulan mendatang hingga Maret 2016. Sejumlah balon itu akan melayang di udara hingga 100 hari.

Penyedia internet lokal dapat memanfaatkan koneksi Google untuk menurunkan biaya operasional mereka. Dengan demikian, diharapkan penyedia internet lokal dapat memberikan layanan internet yang lebih murah kepada penduduk lokal.

Sri Lanka merupakan negara dengan pulau kecil dibandingkan kota Texas di Amerika Serikat. Akan tetapi, negara ini memiliki pengguna internet mobile sebanyak 2,8 juta dan pengguna internet berbasis kabel (fixed-line) sebanyak 606.000 pengguna.

(ahl)

Baca Juga

Sedih! Dropbox Ditinggal CTO-nya

Sedih! Dropbox Ditinggal CTO-nya