2016, Balon Google Bakal Melayang di Langit Indonesia

2016, Balon Google Bakal Melayang di Langit Indonesia

(Foto: Slashgear)

JAKARTA - Balon Google, Project Loon, dipastikan melayang di langit Indonesia pada 2016. Project Loon seperti diberitakan sebelumnya, diharapkan dapat memperluas jangkauan internet untuk wilayah yang belum mendapatkan akses internet di Indonesia.

Website Slashgear melaporkan, Kamis (29/10/2015), Google hadir bak 'penyelamat', di mana Indonesia yang memiliki 17 ribu pulau tidak semuanya penduduknya mendapatkan akses internet secara merata. Bekerjasama dengan tiga operator besar (XL, Indosat, Telkomsel), Project Loon akan mengangkasa pada tahun depan di Tanah Air.

Balon Google Project Loon akan melayang di ketinggian 20 kilometer di lapisan stratosfer. Ketinggian tersebut diklaim aman dari lalu lintas pesawat terbang. Project Loon bakal menembakkan sinyal internet ke Bumi, menyediakan akses internet ke wilayah tertentu yang tidak bisa dijangkau oleh saluran internet tradisional.

Google telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata. Perusahaan asal Mountain View, California, itu tidak memberikan informasi terkait tanggal spesifik atau area yang akan di-cover Project Loon.

Balon Google tersebut diharapkan sanggup menyediakan konektivitas internet dari Sabang hingga Merauke.

Website Theregister melaporkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang akan kedatangan Project Loon. Negara lainnya yang bergabung pada proyek itu antara lain, Sri Lanka, Australia, Selandia Baru dan Prancis.

(kem)

Baca Juga

Sedih! Dropbox Ditinggal CTO-nya

Sedih! Dropbox Ditinggal CTO-nya