Ini Cara BPPT Tangani Bencana Kabut Asap

Ini Cara BPPT Tangani Bencana Kabut Asap

BPPT

JAKARTA - Asap yang tak kunjung selesai di wilayah Sumatera dan Kalimantan diakibatkan lahan terbakar, membuat Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengambil beberapa langkah.

Langkah tersebut dengan membuat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan, untuk penanggulangan bencana asap kebakaran hutan dan lahan.

Hal ini disampaikan Tri Handoko Seto, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengemukakan, kebakaran hutan dan lahan apalagi jika eskalasinya sangat hebat seperti 2015 ini, tidak ada teknologi apapun yang mampu memadamkan kecuali hujan.

"Oleh karena itu, teknologi hujan buatan harus diaplikasikan," ungkapnya saat dihubungi Okezone, Senin (2/11/2015).

Tri menyampaikan, TMC atau hujan buatan akan berperan penting dalam meningkatkan efisiensi proses hujan, karena mampu mengubah awan yang berada pada fase mula memasuki fase dewasa hingga matang.

"TMC dilakukan dengan menaburkan bahan semai higroskopis berukuran besar (UGN: ultra giant nuclei, 10-50 mikron)," ucap Ahli Rekayasa Hujan dari BPPT.

Menurutnya, hadirnya bahan semai ini akan meningkatkan efisiensi tumbukan dan penggabungan (collision and coalescence), merupakan kunci terjadinya proses hujan pada awan hangat yang sering tumbuh di daerah tropis.

(ahl)

Baca Juga

Yuk, Intip Proses Terjadinya Gerhana Matahari dari Luar Angkasa

Yuk, Intip Proses Terjadinya Gerhana Matahari dari Luar Angkasa