Baju Bocor, Jalan-Jalan NASA di Antariksa Dihentikan

Baju Bocor, Jalan-Jalan NASA di Antariksa Dihentikan

Baju Bocor, Jalan-Jalan NASA di Antariksa Dihentikan (Foto: TechCruch)

CALIFORNIA - Akhirnya NASA menghentikan spacewalk di luar International Space Station (ISS), Jumat 15 Januari 2016. Hal ini karena baju astronot mereka mengalami kebocoran.

Awalnya, astronot Timothy Peake dan Timothy Kopra rencananya akan jalan-jalan di luar ISS selama enam setengah jam untuk mematikan komponen listrik di sistem power solar ISS. Namun setelah tiga jam, komponen tersebut berhasil diganti dan bisa bekerja kembali.

Sebelum dihentikan Kopra melaporkan ada air di dalam helmnya. Namun dia berhasil memindahkan air tersebut dan yakin bahwa air tersebut bukanlah keringatnya sendiri. NASA prihatin dengan jumlah air dan fakta bahwa air itu dingin karena menunjukkan bahwa kebocoran telah terjadi di sistem pendingin ruang baju, dan bukan dari keringat atau air minum.

Ketika berhadapan dengan potensi kebocoran ruang angkasa, NASA tidak mengambil risiko. Kembali pada 2013, astronot Italia Luca Parmitano mengalami kebocoran air yang parah yang menyebabkan disebut paling menakutkan dalam sejarah angkasa NASA.

Kebocoran di helm Parmitano sangat parah sehingga air mengambang menutupi matanya, telinga, hidung, dan bagian dari mulutnya. Dengan membatasi saluran udaranya, Parmitano hampir tenggelam sebelum dia sempat kembali ke kunci udara stasiun.

(kem)

Baca Juga

Terungkap, Bulan Terbentuk 4,5 Miliar Tahun Lalu

Terungkap, Bulan Terbentuk 4,5 Miliar Tahun Lalu