Teknologi Informasi Harus Berdampak pada Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Teknologi Informasi Harus Berdampak pada Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Menkominfo, Rudiantara dalam acara Breifing e-Commerce (Foto: Dok. Kominfo)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menyatakan teknologi informasi dan komunikasi harus memberikan dampak dan nilai tambah bagi pemberdayaan ekonomi rakyat.

“Meaningless, apabila teknologi dalam hal internet, penyiaran atau telekomunikasi, hanya dipakai untuk teknologi itu semata-mata, akan tetapi apa yang bisa diberikan. Apa dampaknya dari teknologi tersebut, yaitu memberdayakan ekonomi rakyat," tuturnya dalam Media Briefing e-Commerce untuk UMKM di Jakarta.

Atas hal itu Rudiantara, selalu berupaya mendorong stakeholders di bidang komunikasi dan informatika untuk selalu dapat bekerjasma mendorong pemberdayaan ekonomi rakyat.

"Saya selalu menghimbau untuk tidak boleh ego sektoral. Jangan mentang-mentang menjadi regulator di bidang Kominfo," tegas menteri seperti dimuat dari tautan resmi Kominfo.go.id, Senin (20/6/2016).

Menurut Chief RA sapaan akrabnya, keberhasilan pembangunan bidang kominfo dapat dilihat dari manfaat yang dapat diterima oleh berbagai pihak.

“Kita bisa memberikan nilai tambah kalau kita bisa memposisikan diri menjadi enabler dari pertumbuhan ekonomi. Apakah itu nantinya bisa dipakai swasta, BUMN, koperasi, perusahaan besar ataukah UMKM. Kalau sudah bisa menjadi enabler, kita baru boleh bangga,” tuturnya.

Sementara dalam hal merujuk pada masalah transportasi umum berbasis aplikasi, Menkominfo memaparkan kompleksitas permasalah pemanfaatan TIK bagi pemberdayaan ekonomi rakyat.

“Sebagai Menkominfo tugas saya tak sekadar mengurusi teknologinya. Hal itu terlalu ego sektoral, akan tetapi justru saya mendukung trasportasi ini menjadi anggota koperasi, agar nantinya Pemerintah bisa men-treat jasa ini menjadi UKM, sehingga bisa entitled mendapatkan KUR,” paparnya.

(kem)

Baca Juga

Wow.. Banyak Fitur Gmail Tersembunyi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Wow.. Banyak Fitur Gmail Tersembunyi yang Tidak Banyak Orang Tahu