Tingkatkan Kedaulatan Cyber di HUT Ke-71 RI

Tingkatkan Kedaulatan Cyber di HUT Ke-71 RI

(Foto: Okezone)

JAKARTA - Peringatan hari kemerdekaan Indonesia bisa menjadi momentum kebangkitan dalam bidang teknologi dan informasi.

Menurut Chairman CISSReC, Pratama Persadha, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menguatkan kedaulatan informasi Indonesia.

Gunakan Software Asli

Masih banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan software (perangkat lunak) ilegal atau bajakan. Menurut laporan Statista tahun 2015, Indonesia masuk dalam daftar 10 negara pengguna software bajakan tertinggi.

Software resmi yang berlisensi memang terbilang mahal sehingga banyak pengguna yang akhirnya memilih untuk menggunakan software bajakan. Free and open source software (FOSS) dapat digunakan sebagai alternatif dari penggunaan software berbayar.

Dukung Aplikasi Dalam Negeri

Pemerintah perlu mendukung para pengembang aplikasi dan layanan OTT (over the top) lokal. Dukungan pemerintah bisa mendorong munculnya aplikasi media sosial dan OTT lokal sebagai alternatif aplikasi dan layanan OTT asing.

Dukung Konten Positif di Internet

Internet menjadi pintu utama bagi banyak informasi. Maka tidak heran jika ada banyak juga konten-konten negatif yang tersebar di sana, mulai dari kekerasan, pornografi, hate speech, radikalisme, SARA, dan perjudian.

Kesadaran Keamanan Informasi Pribadi

Sekarang ini banyak pengguna internet yang dengan sukarela memberi data dan informasi pribadi, baik itu di forum-forum ataupun media sosial. Tanpa sadar pengguna media sosial sering menyerahkan data pribadi seperti foto pribadi, alamat rumah, nomor ponsel, video, hobi, dan seterusnya.

Batasi memberikan atau memposting data dan informasi pribadi. Informasi ini bisa disalahgunakan oleh pihak yang ingin berbuat jahat kepada kita dan keluarga sekaligus mengambil keuntungan pribadi.

(ahl)

Baca Juga

8 Aplikasi Berbayar di iOS yang Kini Gratis (2-Habis)

8 Aplikasi Berbayar di iOS yang Kini Gratis (2-Habis)