FCC Geber Jaringan Mobile 5G di Masa Depan

FCC Geber Jaringan Mobile 5G di Masa Depan

(Foto: Istimewah)

CALIFORNIA - Federal Communications Commission (FCC) dikabarkan siap membuka jalan bagi operator untuk menyajikan teknologi generasi jaringan mobile 5G.

Jaringan mobile tersebut disinyalir dapat meningkatkan kecepatan internet 100 kali lebih cepat, sekaligus mengadopsi teknologi Virtual Reality (VR) dan Internet of Things (IoT).

Penepatan jalur atau spektrum frekuensi pada band operator yang dipakai ada di spektrum 28, 37, dan band 39 GHz berlisensi, sehingga Amerika Serikat dilaporkan pertama di dunia mengadopsi sinyal 5G.

"Keputusan yang kita buat ini benar-benar bisa menjadi keputusan yang paling penting dalam rapat komisi tahun ini," kata Chairman Tom Wheeler selaku anggota Kongres selama pengawasan sidang FCC, seperti dikutip dari Insidesources, Senin (29/8/2016).

Dia menilai, bahwa peningkatan kecepatan 5G minimal menjadi 10 kali lebih cepat dari 4G LTE. Sehingga memungkinkan komunikasi secara real-time.

Mengenai penyebaran sinyal 5G, langkah FCC diyakini dalam arah yang benar oleh pemerintah Federal. Sebab, semua orang membutuhkan kecepatan yang signifikan untuk pekerjaan pemerintah negara bagian dalam dan lokal.

Sementara itu menurut Peneliti Institute Palo Alto, Richard Adler manfaat 5G bisa “terukur”. Mereka akan membutuhkan lebih banyak infrastruktur guna menerapkan beberapa sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan, manufaktur, energi, pertanian, perhotelan, transportasi, dan lainnya.

"Salah satu tantangan yang paling berat adalah bangunan untuk menjangkau kawasan 5G di luar, mengerahkan tower tambahan, akan membutuhkan banyak kerjasama publik dan swasta," tandasnya.

(kem)

Baca Juga

Begini Skema Proyek Palapa Ring

Begini Skema Proyek Palapa Ring