Era Baru Teknologi 4.5G Pertama Digaungkan XL

Era Baru Teknologi 4.5G Pertama Digaungkan XL

Rahmadi Mulyohartono, VP LTE PT XL Axiata (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

JAKARTA - XL mengimplementasikan teknologi 4.5G yang menawarkan dua kali lipat kecepatan 4G. Secara teori, teknologi ini memungkinkan untuk menawarkan akses speed internet hingga 200 MB.

Rahmadi Mulyohartono, VP LTE PT XL Axiata mengatakan, teknologi 4.5G yang ditawarkan XL menggunakan teknologi 4T4R, yang melibatkan empat transmitter dan empat receiver. Sehingga, ini menyuguhkan akses internet lebih cepat.

Menurutnya, teknologi ini memungkinkan peningkatan kapasitas BTS naik menjadi 25 persen serta kecepatan dua kali lipat ketimbang 4G.

"Jadi di radio kita ada 4 transmitter, 4 receiver, jadi lebih kencang. Targetnya residential untuk pengguna rumahan," tutur Rahmadi di Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Untuk mendukung teknologi 4T4R, XL menyiapkan sekira 1.500 BTS. Sayangnya, saat ini XL menyediakan layanan teknologi tersebut hanya melalui perangkat router mini untuk pelanggan. Diharapkan 4.5G bisa dipakai lebih luas hingga dirasakan melalui handset pada tahun mendatang.

XL mengklaim sebagai yang pertama menggelar 4.5G di Indonesia. Beberapa kota sudah mendukung layanan tersebut, seperti Jabotabek, Bandung, Surabaya, Denpasar dan menyusul di kota-kota lain.

Rahmadi lebih lanjut mengungkapkan, saat ini sudah 86 kota di Indonesia yang ter-cover 4G XL dengan total BTS 4G 6.522. Perusahaan menarget hingga 92 kota di tahun ini serta penambahan jumlah BTS 4G.

Berdasarkan data laporan keuangan operator, XL mengalami pertumbuhan trafik data terbesar selama satu tahun. Pertumbuhan tersebut dari 2015 hingga 2016 sebesar 123 persen, sedangkan pertumbuhan penetrasi smartphone sebesar 53 persen.

Perusahaan operator warna biru dengan jumlah pengguna 4G 8 juta pelanggan tersebut juga memudahkan pengguna untuk mengganti USIM. XL menawarkan beberapa opsi upgrade SIM Card 4G, melalui layanan USIM Delivery, USIM Replacement serta Over the Air Replacement (OTA).

XL juga mengimplementasikan High Capacity SmallCell. Perangkat BTS mini tersebut dipasang di dalam gedung-gedung publik, misalnya di terminal dua Bandara Soekarno Hatta. Alat ini memiliki kapasitas 1 cell yang mendukung 50 hingga 100 device.

(ahl)

Baca Juga

Operator Seluler Jaga Kualitas Jaringan di Area Aksi Damai 212

Operator Seluler Jaga Kualitas Jaringan di Area Aksi Damai 212