Acer Revo Build, PC Mini dengan Konsep Modular

Acer Revo Build, PC Mini dengan Konsep Modular

Acer Revo Build (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

Acer menghadirkan satu produk inovatif berwujud PC mini dengan kemampuan modular. Modular berarti perangkat dapat dikustomisasi sesuai keinginan penggunanya.

Dengan konsep modular, perangkat dapat diatur untuk mendapatkan fitur tambahan dengan menumpuk komponen hardware ke bagian atas perangkat. Untuk kategori PC mini, Acer Revo Build dinilai cukup unik.

 

Okezone sempat menjajal Acer Revo Build model M1-601-UR51, tanpa additional hardware. Berikut ulasan perangkat Acer Revo Build.

Desain

Mengusung desain kotak pendek, Acer Revo Build memiliki sudut-sudut melengkung dan strip orange yang melingkari seluruh bodi bagian atas. Perangkat memiliki dimensi 5,3 x 5,3 x 2,2 inci dan bobot yang cukup ringan saat digenggam tangan.

 

Pada bagian sisi depan, terlihat logo Acer dengan satu tombol power yang terlihat menonjol. Sedangkan pada bagian belakang, terdapat beberapa port seperti dua buah USB 3.0, port HDMI, serta LAN.

Untuk bagian sisi, Acer menyematkan port Audio Line Out, port USB 3.0 serta fitur pembaca kartu SD. Terdapat tanda Innovation Awards CES 2016 yang dilekatkan pada perangkat Acer tersebut.

Performa

PC mini besutan Acer dengan sistem operasi Windows 10 ini diperkuat chip Intel Celeron CPU J3060 (2 cores, 2 Threads @1.60 GHz). Selain itu, perangkat juga didukung dengan RAM 2GB dan GPU Intel HD Graphics.

 

Secara umum, perangkat dapat menjalankan aplikasi atau software standar yang tidak mengonsumsi memori besar. Proses booting perangkat bisa dikatakan cukup cepat.

Meskipun demikian, Acer Revo Build tampaknya memang tidak ditujukan untuk para penggemar game atau pengguna yang mendambakan performa PC super kencang. Untuk tugas keseharian, kemampuan hardware PC mini ini boleh diandalkan.

Okezone mencoba menjajal dengan aplikasi Cinebench R15 untuk menguji kekuatan hardware. Pada aplikasi tersebut, terlihat bahwa Acer Revo Build menunjukkan skor 6,36 FPS pada OpenGL dan 66 cb pada CPU.

Pada saat dipakai memutar video full HD, Acer Revo Build dapat diandalkan. Perangkat sanggup menjalankan konten video full HD dengan mulus.

Kesimpulan

Acer Revo Build tampil menyuguhkan portabilitas maksimal dengan fitur lengkap yang terdapat pada PC. Keunikan perangkat ini, selain bentuknya yang mungil dan ringan, juga didukung konsep modular yang berbeda dari kebanyakan PC mini sejenis.

Perangkat bisa dibawa bepergian dengan mudah dan dapat dimasukan ke dalam tas karena bentuknya yang kecil. Fitur port dan konektivitas yang dimiliki Acer Revo Build cukup membantu pengguna untuk mengerjakan tugas sehari-hari.

Kelebihan

- Bentuknya yang kecil dan ringan

- Memiliki beberapa port USB 3.0

Kekurangan

- Spesifikasi kurang mendukung game PC

- Tidak memiliki fitur DVD ROM

(ahl)

Baca Juga

Cara Menggunakan Fitur Bedtime di iOS 10

Cara Menggunakan Fitur Bedtime di iOS 10