Review: Chromebook C201 PA, Notebook Khusus Berselancar di Dunia Maya

Review: Chromebook C201 PA, Notebook Khusus Berselancar di Dunia Maya

Asus Chromebook (Foto: Dini/ Okezone)

Chromebook C201 PA keluaran Asus memiliki keunikan dibanding laptop pada umumnya. Pasalnya laptop ini dikhususkan hanya untuk berselancar di dunia maya.

Chromebook C201 PA merupakan laptop berbasis sistem operasi milik Google yaitu Chrome OS. Untuk menjalani laptop ini tentu saja hal yang harus diperlukan adalah internet.

Guna menyelami laptop ini lebih dalam, Okezone berkesempatan untuk menjajalnya. Berikut ini uraiannya.

 

Desain

Laptop Chromebook Asus ini memiliki desain minimalis dan simpel serta bobotnya ringan. Jika ditengok pada sisi kanan dan kirinya terlihat beberapa port yang membekalinya. Pada sisi kanan dan kiri, terdapat port USB, slot microSD, HDMI, serta port jack headphone.

 

Pada bagian depan terlihat web camera, sehingga memungkinkan penggunanya melakukan panggilan video. Kemudian pada bagian keyboard, Asus memberikan keyboard yang cukup nyaman digunakan mengetik, sayangnya tak ada lampu pada keyboard ini sehingga agak sulit mengetik saat minim cahaya atau ruangan gelap.

Chromebook ini selain memiliki bodi simpel namun juga tipis dan juga ringan. Alhasil, laptop ini mudah di bawa kemana-mana. Dari segi material, laptop ini dibangun dengan plastik dan desain unibody sehingga tak bisa mencopot baterai.

Layar

C201 PA dibekali dengan bentang layar 11,6 inci. Layar yang terbilang cukup luas dan tak terlalu besar. Layar ini menampilkan warna yang cukup tajam dan jernih.

Tampilan

Tampilan user interface yang ditawarkan Chromebook juga cukup sederhana, tidak banyak ornamen. Di bar bawah terdapat beberapa pilihan seprti Chrome dan gmail. Berbeda dengan laptop berbasis Windows, untuk melihat menu, Anda hanya perlu mengklik gambar launcher search, setelah diklik akan ditemui menu di dalamnya, yang tak lain semuanya merupakan kembangan Google.

Pada sisi bawah-kanan akan ditemui untuk pengaturan. Selain setting, di sisi ini juga akan ditemui ikon bluetooth, Wifi, baterai dan banyak lagi.

Performa

Chromebook C201 PA didukung oleh prosesor quad-core clocked 1.8 GHz. Sementara untuk grafisnya didukung Mali-T764. Tak hanya itu Chromebook C201 PA ini juga didukung RAM LPDDR3 4GB dan penyimpanan eMMC 16GB.

Berbekal itu, Chromebook C201 PA memiliki kemampuan booting yang terbilang cepat dibanding notebook pada umumnya. Ia hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 detik untuk booting. Selain itu, kinerja Asus Chromebook C201 PA juga terbilang smooth.

Sistem Operasi

Sesuai namanya, Asus Chromebook C201 PA memiliki dukungan Chrome OS, dan bahkan notebook ini juga akan mendukung Google Play Store, sehingga aplikasi Android bisa berjalan di notebook ini.

Daya tahan

Chromebook C201 PA ini terbilang memiliki daya tahan yang cukup lama. Bahkan notebook ini mampu bertahan pada penggunaan di atas 5 jam. Hal ini berkat baterai 2Cells, 38Whrs. Sementara itu, menurut pihak Asus sendiri C201 PA bisa bertahan selama 13 jam.

Kelebihan :

- Ringan

- Desain tipis

Kekurangan :

- Material Plastik

- Bezel Layar Tebal

(kem)

Baca Juga

Trik Sederhana saat Sinyal Ponsel Lemah

Trik Sederhana saat Sinyal Ponsel Lemah