Titan, Bulan Saturnus Miliki Area Bukit 'Shangri-La'

Titan, Bulan Saturnus Miliki Area Bukit 'Shangri-La'

(Foto: NASA)

CALIFORNIA - Pesawat luar angkasa Cassini milik badan antariksa Amerika Serikat, NASA menemukan area gelap yang dinamakan Shangri-la. Area tersebut merupakan bukit pasir yang ditemukan dengan pemindaian berteknologi canggih.

Menurut Jet Propulsion NASA, probe atau pesawat luar angkasa Cassini itu menunjukkan bahwa bukit ini melingkari sebagian khatulistiwa Titan. Dilansir Space, Jumat (9/9/2016), Cassini dapat melihat menembus kabut Titan.

Ditemukan Shangri-la dengan pola khas bukit pasir mirip seperti di Bumi. Mempelajari ini membantu peneliti memahami angin serta mengetahui iklim di area tersebut.

Pada Desember 2015, dilaporkan Cassini menangkap gambar bahwa Titan memiliki kanal sungai, danau besar, bukit pasir besar, dan bukti proses geologi seperti Bumi.

Cassini harus membersihkan atmosfer tebal Titan dengan infrared untuk menyibak daratan. Foto-foto yang didapat kemudian digunakan untuk membuat komposit, gambar berwarna palsu yang menunjukkan permukaan Titan.

Sekadar informasi, permukaan Titan berusuhu -179 derajat Celcius sehingga air apapun yang terlihat berada dalam bentuk batu es keras. Kendati demikian, Methan yang terbuat dari karbon dan hidrogen yang ada di atmosfer jatuh sebagai hujan air. Namun methan ini membuat asap oranye di permukaan Titan.

(ahl)

Baca Juga

Techno of The Week: Sosok Penemu Pesawat Terbang hingga Fitur Mention di WhatsApp

Techno of The Week: Sosok Penemu Pesawat Terbang hingga Fitur Mention di WhatsApp