Ribuan Fosil di Bojonegoro Dikumpulkan

Ribuan Fosil di Bojonegoro Dikumpulkan

Ilustrasi pengumpulan fosil (Foto: Antaranews)

BOJONEGORO - Dewan Kepurbakalaan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, melakukan pengumpulan ribuan temuan fosil purba. Ketua Dewan Kepurbakalaan Bojonegoro Ali Syafa'at di Bojonegoro menjelaskan, fosil yang dikumpulkan baik yang berupa fragmen maupun fosil utuh

"Fosil purba yang dikumpulkan tim Dewan Kepurbakalan jumlahnya ribuan, sebagian ada yang masih utuh," kata Ali Syafa'at di Bojonegoro, Rabu (14/9/2016).

Sebagian fosil disimpan di Museum 13 di SDN Panjunan, Kecamatan Kalitidu, di bawah pengawasan guru bernama Heri Nugroho. Fosil yang lainnya disimpan di kediaman Ali di Desa Sukorejo, Kecamatan Kota; rumah Sigit Budi Agung di Desa Balen, Kecamatan Balen; dan rumah Supangat di Desa Buntalan, Kecamatan Temayang.

Ali mengatakan, fosil temuan dewan kepurbakalaan dan warga itu antara lain meliputi bagian fosil binatang darat seperti kepala dan gading stegodon (gajah purba), banteng dan kuda nil purba. Di samping itu ada fosil lobster, yuyu laut, dan paus purba. "Itu menunjukkan bahwa Bojonegoro dulu tidak hanya daratan tapi juga lautan," katanya.

Dia menambahkan bahwa fosil kepala gajah purba yang tersimpan di Museum 13 di Desa Panjunan, Kecamatan Kalitidu, masih utuh. "Kalau di tempat saya yang cukup bagus berupa gading gajah purba dengan panjang 60 sentimeter berdiameter 20 sentimeter," katanya.

(kem)
Berita Rekomendasi

Baca Juga

Astronom Temukan Penampakan Komet Baru

Astronom Temukan Penampakan Komet Baru