Network Sharing Bantu Daerah Kurang Layak Jadi Layak Investasi

Network Sharing Bantu Daerah Kurang Layak Jadi Layak Investasi

Nonot Harsono. (Foto: Moch. Prima Fauzi/Okezone)

JAKARTA - Dilihat dari segi demografi wilayah di Indonesia, network sharing atau berbagi jaringan antar operator dianggap bisa meningkatkan wilayah kurang layak menjadi layak investasi.

Itu karena dengan adanya investasi di daerah-daerah yang kurang mendapatkan pembangunan membuka peluang menjadi wilayah komersil dan membantu percepatan pembangunan dan peningkatan ekonomi.

Menurut mantan Komisioner BRTI Nonot Harsono, untuk mencapai hal tersebut diperlukan adanya kebijakan cost sharing melalui network sharing dan infrastructure sharing.

"Network sharing bisa membuat wilayah kurang layak menjadi layak investasi. Hal yang diperlukan yakni dengan kebijakan cost sharing melalui network sharing dan infrastructure sharing," ungkap Nonot pada acara seminar di kampus UI, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Nonot membagi wilayah di Indonesia menjadi tiga bagian antara lain layak komersial yakni dari skala ekonomi cukup dan operator terus membangun, tidak layak yakni tidak memungkinkan untuk komersialisasi dan kurang layak yaitu tidak semua operator membangun infrastruktur.

Adapun dana yang bisa digunakan oleh operator untuk pembangunan ialah menggunakan dana iuran USO sekira Rp2 triliun dari tiap penyelenggara jaringan.

(kem)
Berita Rekomendasi network sharing

Baca Juga

Palapa Ring Timur Siap Sapa Internet 'Lelet' di Papua

Palapa Ring Timur Siap Sapa Internet 'Lelet' di Papua