Axiata Akan Lepas Saham XL?

Axiata Akan Lepas Saham XL?

(foto:Bloomberg)

KUALA LUMPUR - Operator telekomunikasi asal Malaysia, Axiata Group Berhad, dikabarkan siap melepas sebagian sahamnya di PT XL Axiata Tbk (XL).

Dikutip Bloomberg, Kamis (15/9/2016), Axiata siap melepas 11 persen sahamnya di XL. Hingga saat ini, mereka masih mencari pembeli potensial.

Selain di Indonesia, Axiata juga siap melepas beberapa saham miliknya di Dialog Axiata Plc (Sri Lanka) dan Smart Axiata Co (Kamboja). Axiata siap melego 30 persen sahamnya di kedua perusahaan tersebut.

Sebagai gambaran, Axiata memiliki 83.3 persen saham di Dialog Axiata dan 85.3 persen sahan di Smart Axiata. Sementara di XL, Axiata menguasai 66.4 persen saham.

Operator terbesar Malaysia tersebut dikabarkan sedang mencari cara untuk memangkas saham di beberapa anak perusahaan di luar negeri. Diharapkan, langkah ini dapat menghasilkan USD 700 juta. Selain itu, hasil dari pelepasan saham ini diperkirakan dapat membayar total utang sekira USD 5,2 miliar pada akhir Juni 2016. Demikian seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (15/9/2016).

(kem)

Baca Juga

Begini Skema Proyek Palapa Ring

Begini Skema Proyek Palapa Ring