Evolusi Hard Disk dalam Enam Dekade

Evolusi Hard Disk dalam Enam Dekade

Evolusi Hard Disk Drive dalam Enam Dekade (Foto: PCWorld)

JAKARTA – Selama enam dekade, hard drive telah hadir di tengah-tengah perkembangan teknologi penyimpanan data. Namun jika dibalikkan ke 60 tahun lalu, bagaimanakan bentuk hard drive komersil pertama?

1956: IBM pertama kali menawarkan sistem RAMAC 305 yang menyimpan 5 MB data seharga USD10 ribu. Drive tersebut berukuran sebesar kulkas dengan menggunakan 50 piringan berukuran 24 inci. Hanya delapan tahun kemudian hingga perusahaan Amerika itu menemukan removable hard drive. Ukurannya semakin kecil karena hanya memerlukan 6 piringan 14 inci yang mampu menampung 2,6MB.

1973: IBM mengumumkan 3340, hard drive modern pertama yaitu Winchester, yang memiliki perakitan tertutup, spindle dilumasi, dan ringan. Lima tahun kemudian paten RAID (Redundant Arrays of Independent Disks) didaftarkan. Setahun kemudian, AI Shugart membangun Seagate Technology.

1979: IBM 3370 menggunakan piringan tujuan 14 inci untuk menyimpan 571MB, drive paling tipis kala itu. Namun pada tahun yang sama, IBM 62 PC Piccolo hadir dengan enam piringan berukuran 8 inci untuk memori 64MB. Seagate sebagai kompetitor mengenalkan drive dan interface ST-506 yang kemudian digunakan di semua komputer mikro awal.

 

1980: IBM memperkenalkan hard drive berukuran satu giga pertama yang ukurannya masih sebesar kulkas dengan berat 275 kg dan dibanderol USD40 ribu. Seagate merilis hard disk 5,25 inci pada tahun yang sama.

1982: Western Digital mengumumkan chip tunggal Winchester Hard Drive Controller (WD1010) pertama. Setahun kemudian, Rodime merilis hard drive berukuran 3,5 inci dengan hanya dua piringan yang mampu menampung 10MB.

1985: Data Control, Compaq Computer, dan Western Digital berkolaborasi untuk mengembangkan antarmuka IDE 40-pin. IDE singkatan dari Intelligent Drive Electronics, lebih dikenal sebagai Integrated Drive Electronics. Western Digital memproduksi ESDI (Enhanced Device Interface) controller Board pertama, yang memungkinkan kapasitas yang lebih besar dan hard drive yang lebih cepat untuk digunakan dalam PC.

1986: Spesifikasi SCSI resmi dirilis; Apple Computer Mac Plus adalah salah satu komputer pertama yang menggunakannya. Dua tahun kemudian, Connor memperkenalkan hard drive pertama dengan tinggi 1-inci dan lebar  3,5 inci, yang mulai mengecil.

(ahl)

Baca Juga

Fenomena 'Bulan Hitam' Malam Ini Pertanda Kiamat?

Fenomena 'Bulan Hitam' Malam Ini Pertanda Kiamat?