Pemerintah Harus Cari Alternatif Selain Google

Pemerintah Harus Cari Alternatif Selain Google

(foto: Google)

JAKARTA - Kasus dugaan penghindaran pajak yang dilakukan Google terus mengemuka. Pasalnya, Google saat ini tengah diperiksa oleh peristiwa ini merupakan momentum bagi pemerintah untuk mencari alternatif search engine lain selain Google

Pendapat tersebut diutarakan oleh pengamat telekomunikasi Heru Sutadi. Menurutnya, pemerintah harus mencari alternatif mesin pencarian untuk masyarakat Indonesia.

"Kalau tidak dilakukan, mereka akan terus merasa di atas angin dan dalam posisi kita yang butuh mereka, bukan win win apalagi mereka butuh kita," ujarnya kepada Okezone, Jumat (16/9/2016).

Dalam pandangannya, Indonesia memiliki pengembang-pengembang yang baik. Sayanya, para pengembang tersebut kurang dimanfaatkan dengan baik.

"Makanya harus disiapkan mesin pencarian. Daripada cuma mengedepankan jumlah seperti 1.000 startup, harus ada prioritas dong. Saya sudah bicara dengan beberapa ahli, pengembang, kita mampu kok bikin mesin pencari sendiri," tutupnya.

Namun pandangan berbeda diutarakan oleh Pendiri IndoTelko Forum Doni Ismanto. Menurutnya, masyarakat Indonesia sudah sangat tergantung dengan segala layanan Google.

"Blokir Google? Wong kita dah tergantung ama platformnya. Tapi menutup All Platform google, jangan mimpilah. Itu namanya nggak masuk akal. Search engine kita tergantung mereka," cetusnya.

(kem)

Baca Juga

Operator Seluler Jaga Kualitas Jaringan di Area Aksi Damai 212

Operator Seluler Jaga Kualitas Jaringan di Area Aksi Damai 212