Google Diperiksa, Apa Kabar Aturan Google Cs?

Google Diperiksa, Apa Kabar Aturan Google Cs?

(foto: Kominfo)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak saat ini tengah menyelidiki dugaan pelanggaran pajak yang dilakukan Google. Perusahaan asal Silicon Valley ini dianggap telah menghindari kewajiban pajak yang berlaku.

Padahal jika dilihat lebih jauh, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan Peraturan Menteri (Permen) yang akan mengatur kehadiran perusahaan online asing di Indonesia.

Dalam Permen tersebut, diatur mengenai tiga unsur yang harus dimiliki OTT asing agar dapat memiliki legalitas operasi di Indonesia, yakni layanan konsumen, proteksi konsumen, dan persamaan kewajiban di bidang hukum dan fiskal.

Sayangnya, Permen ini belum disahkan hingga kini. Menurut Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Noor Iza, penundaan Permen terjadi karena belum tercapainya kata sepakat mengenai aturan pajak yang pas.

"Pajak kan domain-nya Kemenkeu, jadi kita tunggu masukan dari mereka. Saat ini, Permen masih dalam pembahasan Kemenkeu," ucapnya kepada Okezone, Jumat (16/9/2016).

Namun ia menjamin bahwa Permen ini segera diterapkan tahun ini. "Kita terus dorong agar OTT asing dapat mendirikan Badan Usaha Tetap (BUT). Kalau aturan pajak sudah jelas pasti diterapkan," tutupnya.

(kem)
  • techno user sri handayani
    sri handayani • 3bulan lalu
    haduh kemenkau jangan mempersulit dong tentukan sekarang kan prodak google sudah bnyak di indonesia jangan hanya kejar tax amnesty. dari google aj sudah melebihi tax amnesty
    Beri Tanggapan

Baca Juga

Operator Seluler Jaga Kualitas Jaringan di Area Aksi Damai 212

Operator Seluler Jaga Kualitas Jaringan di Area Aksi Damai 212