ESA Lepaskan Peta Paling Akurat dari Bima Sakti

ESA Lepaskan Peta Paling Akurat dari Bima Sakti

(Foto: Dok. Geek)

CALIFORNIA - Dalam pemberitaan sebelumnya, pada 2013 European Space Agency (ESA) meluncurkan pesawat ruang angkasa Gaia dengan tujuan untuk menciptakan peta paling lengkap yang pernah galaksi Bima Sakti dan benda-benda lain di dekatnya.

Pesawat ini mulai mengamati langit pada 2014, dan sekarang blok pertama data Gaia telah dirilis oleh ESA, yang mencakup data lokasi pada lebih dari 1,1 miliar bintang yang berada di Bima Sakti.

Gaia membawa sejumlah instrumen yang digunakan untuk menangkap gambar gigapixel space. Setiap hari, lebih dari 40 GB data yang dikumpulkan oleh probe digunakan untuk membuat peta galaksi.

Seperti dilansir dari Geek, Jumat (16/9/2016), rilis data ini termasuk posisi yang tepat dan kecerahan 1.142 triliun bintang. Data yang akurat diambil ke dalam 300 microarcseconds dengan lebar jelas dari rambut manusia dari 30 kilometer.

Sementara itu, Gaia juga telah mengumpulkan jarak dan data gerak pada 2 juta bintang di samping posisi dan kecerahan data. Ini masih hanya sebagian kecil dari Bima Sakti, yang memiliki 100-400 triliun bintang.

Semua data ini tersedia untuk diunduh, sehingga para ilmuwan di seluruh dunia dapat melakukan penelitian pada struktur galaksi kita. Dengan beberapa tahun lagi tersisa di misi Gaia, akan ada lebih banyak data kesedihan dari ESA juga.

Di sisi lain, data berikutnya yang direncanakan untuk akhir 2017, akan mencakup bahkan data lokasi yang lebih tepat untuk bintang, di kisaran 10 microarcseconds, lebar jelas dari rambut manusia dari 1000 kilometer.

Kini para astronom berharap Gaia dapat menemukan ratusan klaster bintang baru di Bima Sakti, ketika data yang dirakit. Bahkan, bisa dijabarkan bahwa 100-400 triliun jumlah total bintang yang berada di galaksi.

(kem)

Baca Juga

Techno of The Week: Sosok Penemu Pesawat Terbang hingga Fitur Mention di WhatsApp

Techno of The Week: Sosok Penemu Pesawat Terbang hingga Fitur Mention di WhatsApp