Tips Membuat Komputer Lebih Cepat

Tips Membuat Komputer Lebih Cepat

Ilustrasi (Rex Feature)

JAKARTA - Tak hanya smartphone yang bisa mengalami penurunan kinerja alias lemot, PC komputer atau laptop juga bisa mengalami hal ini. Akan tetapi ada beberapa cara untuk menyiasati agar komputer berjalan lebih cepat.

Ada beberapa cara di sini yang bisa dilakukan demi membuat komputer lama Anda berjalan lebih cepat, dibanding membeli PC komputer atau laptop baru. Apa saja itu? Berikut ini beberapa cara untuk membuat komputer lebih cepat seperti dilaporkan Telegraph, Jumat (16/9/2016).

1. Uninstall Program Tak Terpakai

PC baru datang dengan seluruh beban program yang tidak pernah digunakannya, dan Anda mungkin tidak mengetahui hal itu ada. Beberapa program bahkan menjalankan proses background saat Anda load komputer, meskipun Anda tidak menggunakannya. Untuk menghapus semua program sia-sia ini, bukalah Control Panel Program dan halaman Feature. Uninstall yang Anda tidak perlu, namun tetap berhati-hati, pasalnya ada beberapa program yang dibutuhkan hardware komputer Anda.

2. Menghapus File-File Sementara secara otomatis

File-file sementara atau temporer menumpuk di dalam komputer melalui tugas sehari-hari dan dapat tetap tinggal pada hard disk, sehingga memperlambat laju komputer. Oleh sebab itu, singkirkan file-file ini termasuk history internet dan Cookie, sehingga memberikan jumlah ruang yang lebih besar daru ruang hard disk dan mempercepat PC Anda.

Untuk melakukan hal ini, buka "My Computer" dan pilih local drive Anda (biasanya C:/). Select folder "Windows" kemudian buka folder berjudul "Temp". Gunakan mouse untuk klik kanan di folder, dan dalam pilihan "View", pilih "Detail". Setelah selesai, pilih semua file yang lebih lama dari tanggal saat ini dan tekan tombol delete. Setelah itu pergi ke Recycle Bin di desktop dan kosongkan.

3. Install Solid State Drive (SSD)

Hard Drive merupakan penyebab terbesar melambatnya kecepatan terutama kecepatan startup lambat di PC Anda. Ada trik yang bisa digunakan untuk mengakalinya yakni dengan Intal SSD, yang memiliki waktu membaca cepat, dan mempercepat startup Anda.

4. Hard Drive Storage Lebih Besar

Bahkan jika Anda pastikan untuk secara teratur membersihkan semua file sementara, jika hard drive Anda menjadi 85 persen penuh itu akan mempengaruhi kecepatan komputer Anda.

(din)

Baca Juga

Cara untuk Mengunci Titik Fokus agar Hasil Maksimal

Cara untuk Mengunci Titik Fokus agar Hasil Maksimal