Ulasan Hard Disk SSD dan HDD 500 GB

Ulasan Hard Disk SSD dan HDD 500 GB

(Foto: Hardware.info)

CALIFORNIA - Banyaknya perangkat memori untuk menyimpan data telah disajikan oleh beragam produsen. Kini banderol per gigabyte Solid State Drive (SSD) terus mengalami penurunan harga yang signifikan.

Kendati begitu, SSD dengan kapasitas memori besar maupun kecil dinilai jauh lebih menarik, dari segi drive yang berkisar harga 104 pound sterling, seperti dilansir dari Hardware.info, Jumat (16/9/2016).

Sekarang, kapasitas memori SSD 500 GB telah banyak ditawarkan, dan kali ini Okezone mencoba untuk membandingkan dengan model 2.5 inci, SSD kecil yang dikombinasikan dengan per gigabyte Hard Disk Drive (HDD).

Bahkan pada model 1 TB (TeraByte) diklaim tidak terlalu mahal, dan untuk model 480 GB dicap sebagai yang paling terjangkau dari sisi nilai cost-nya. Sementara device 1 TB, dinilai berlebihan dan hanya ada satu SSD yang memiliki kapasitas 750 GB penyimpanan berjuluk Crucial MX300 750 GB.

Menariknya, produsen lain juga telah mengalihkan fokus mereka ke HDD 480 GB. Sebagai contoh, misalnya pengguna menerima lebih banyak SSD berkapasitas 480 GB yang dibandingkan dengan setiap kapasitas lain pada HDD.

Selain dari rasio harga atau kinerja yang lebih baik, SSD juga diklaim memiliki keuntungan lain dengan kapasitas yang relatif tinggi seperti 480 GB. Pasalnya, chip memori lebih dapat dikontrol secara paralel, sehingga pengguna masih bisa mencapai kecepatan tinggi dalam memindahkan data meskipun chip memori yang digunakan relatif murah.

Sementara, Crucial BX200 dikemas dengan varian 480 GB yang cukup mumpuni, sedangkan untuk varian kapasitas 240 GB dinilai agak lambat. Dengan begitu, ini jelas akan menjadi keuntungan yang lebih besar untuk produk anggaran dibandingkan dengan SSD standar.

(kem)

Baca Juga

Cara Menggunakan Fitur Bedtime di iOS 10

Cara Menggunakan Fitur Bedtime di iOS 10