NASA Unggah Video Ledakan Uji Pesawat Ruang Angkasa

NASA Unggah Video Ledakan Uji Pesawat Ruang Angkasa

(Foto: NASA)

CALIFORNIA - NASA mengunggah video mengenai ruang administrasi tes terakhir untuk roket Booster, ternyata versi yang akan digunakan menuju Mars tersebut ialah Space Launch System (SLS) yang terikat.

Seperti dimuat Motherboard.vice, Minggu (18/9/2016), uji coba skala penuh terakhir untuk booster ini dilakukan, sebelum uji terbang SLS pertama dengan pesawat ruang angkasa Orion pada akhir 2018.

Booster dilengkapi dengan sepotong busa yang disebut "nozzle plug," fungsinya untuk melindungi dari suhu panas, debu, dan kelembaban, yang dirancang selama pengapian roket.

Maka dari itu, apa yang terlihat dalam video berisi sebuah ledakan yang diunggah oleh NASA's Marshall Center, ternyata difilmkan pada 28 Juni yang berlokasi di  uji fasilitas di Orbital ATK di Promontory, Utah.

(SLS rocket could launch as early as two months before the agency's "commitment" date of November 2018. Credit: NASA).

Sebelumnya dalam pemberitaan tahun lalu, NASA juga menguji Booster, dalam rangka mengevaluasi seberapa baik mereka bisa tampil di suhu tinggi.

Dengan maksud, bagaimana Booster bisa tampil di suhu dingin sekira 40 derajat Fahrenheit. Pasalnya, saat dinyalakan, suhu di dalam SLS mencapai 6.000 derajat Fahrenheit.

Sementara cincin berkabut yang terlihat di luar, merupakan uap air yang terkondensasi, kemudian diciptakan karena perbedaan tekanan antara gas motor dan udara normal di luar.

Pihak NASA menyatakan, uji coba yang dilakukan ini merupakan bagian dari serangkaian Lembaga Pemerintah untuk memastikan bagian dari SLS yang siap untuk perjalanan di ruang antar planet.

Kegiatan akan dilakukan akhir 2018, ketika NASA berencana mengirim SLS dengan pesawat ruang angkasa Orion pada penerbangan uncrewed dan ini adalah uji coba Booster terakhir yang diperlukan sebelum perjalanan dimulai.

(kem)

Baca Juga

Ini Foto Comet 67P yang Diabadikan Kamera Rosetta

Ini Foto Comet 67P yang Diabadikan Kamera Rosetta