NASA Tangkap Lubang Hitam saat Menelan Bintang

NASA Tangkap Lubang Hitam saat Menelan Bintang

(Foto: Huffingtonpost)

CALIFORNIA - Para astronom dari NASA Spacecraft dilaporkan menangkap penampakan lubang hitam (black holes) yang menelan bintang di luar angkasa dan bersendawa dengan mengeluarkan api.

Menurut NASA, saat lubang hitam menelan bintang, mereka merilis ledakan energi, dengan suara yang mengandung radiasi energi tinggi, termasuk ultraviolet dan cahaya X-ray.

Seperti diberitakan dari Huffingtonpost, Senin (19/9/2016), kini para astronom dapat mengamati flare untuk pertama kalinya dan dua studi meneliti galaksi bersendawa telah menghancurkan debu angkasa paling dekat dengan lubang hitam.

Aktivitas tersebut membuat astronom mampu mengukur radiasi panas dan debu terluar, dengan menggunakan data dari NASA yang disebut Wide-Field Infrared Survey Explorer (WISE).

NASA menyatakan, debu yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Bentuknya seperti shell yang memanjang dengan beberapa triliun mil dari lubang hitam, atau sekira setengah tahun cahaya jauhnya.

Dalam sebuah pemberitaan NASA yang ditulis oleh Sjoert van Velzen di Postdoctoral Fellow di Universitas Johns Hopkins, lubang hitam telah menghancurkan segala sesuatu antara dirinya dan shell debu.

"Lubang hitam seolah-olah telah membersihkan kamar yang dengan mengeluarkan api. Meneliti shell berdebu dapat memberikan para ilmuwan petunjuk tentang lubang hitam," ujarnya.

Sementara Asronom NASA Jet Propulsion Laboratory, Varoujan Gorjian, menambahkan, "Penelitian kami ini menegaskan bahwa debu yang ada dapat menentukan berapa banyak energi yang dihasilkan dalam kehancuran bintang," klaimnya.

(kem)

Baca Juga

Berkenalan dengan Pria dengan Ingatan Terbaik di Dunia

Berkenalan dengan Pria dengan Ingatan Terbaik di Dunia