Perbedaan Hapus Cache dan Data Aplikasi di Android

Perbedaan Hapus Cache dan Data Aplikasi di Android

Clear Cache dan Clear Data Android.

JAKARTA - Seseorang yang pernah mengalami masalah aplikasi di Android, pasti disarankan untuk melakukan clear cache (hapus data cache) dan clear app data (hapus data aplikasi). Keduanya dianggap sebagai pertolongan pertama pada permasalahan di Android.

Namun apa sebenarnya perbedaan dari kedua langkah tersebut? Okezone akan berusaha menjelaskan berdasarkan situs Android Pit, Senin (19/9/2016).

Hapus Cache

Cache merupakan area penyimpanan sementara dari sebuah perangkat yang berisi beragam data. Fungsinya ialah untuk mempercepat pemrosesan dalam menjalankan suatu pengoperasian. Misalnya membuka satu aplikasi. Sehingga hanya memerlukan konsumsi dan proses data yang singkat.

Di saat sebuah aplikasi terasa memiliki kejanggalan dan berhenti bekerja, menghapus cache bisa jadi membantu untuk menghapus data-data yang menumpuk. Saat menghapus data yang tersimpan dalam cache, Anda sebenarnya hanya menghapus data temporer yang ada di dalamnya.

Meski begitu, hal tersebut tidak menjadi solusi efektif untuk masalah Android. Selain itu menghapus cache juga tidak menjadi jaminan untuk bisa meningkatkan performa karena aplikasi secara temporer akan makin melambat seiring dengan frekuensi penggunaan.

Hapus Data Aplikasi

Menghapus data aplikasi merupakan langkah paling serius dibandingkan dengan menghapus cache. Menghapus cache hanya berisiko kecil pada pengaturan aplikasi, penyimpanan, dan membersihkan data aplikasi sehingga akan menghapus pengaturan yang telah dibuat.

Ini berarti menghapus data aplikasi merupakan langkah untuk mengembalikan aplikasi ke dalam kondisi pertama kali diunduh. Dengan begitu, pada saat Anda membukanya kembali, maka aplikasi yang terhapus datanya akan meminta Anda untuk melakukan log in.

Adapun alasan saat melakukan hapus cache dan hapus data aplikasi ialah untuk menghemat ruang penyimpanan dan yang lebih umum ialah untuk mengatur ulang aplikasi ke keadaan semula jika terjadi masalah atau gangguan.

(kem)

Baca Juga

Cara Hentikan Pembaruan Otomatis di Android

Cara Hentikan Pembaruan Otomatis di Android