Gamer Indonesia Mulai Beralih ke Platform Mobile

Gamer Indonesia Mulai Beralih ke Platform Mobile

(Foto: Pocketmeta)

JAKARTA - Menurut data dari e-marketer, di akhir 2016, jumlah pengguna smartphone di Indonesia akan mencapai 65,2 juta. Fakta tersebut membuat para gamer kini cenderung memilih Game di platform mobile dibandingkan di komputer.

Fakta tersebut dikuatkan oleh Ferrij Lumoring selaku CTO MOGA. Dari data yang ia peroleh, sebagian besar gamer di Indonesia bermain di perangkat smartphone masing-masing. Hal itu menunjukkan bahwa Gamer Kini mulai meninggalkan personal computer.

"Menurut riset, Indonesia memiliki 38 juta Gamer yang diprediksi akan mengeluarkan lebih dari USD704 juta. Segmen mobile game merupakan yang terbesar, dengan jumlah mencapai 57 persen," ujarnya di Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Meski demikian, Ferrij mengatakan bahwa game PC masih akan tetap digunakan dalam beberapa tahun ke depan. Walaupun angkanya cenderung akan terus turun. Menurutnya, perangkat mobile lebih praktis dibandingkan PC.

"Di smartphone, kita bisa beli dan download game di mana saja. Sedangkan di PC, gamer cenderung harus berdiam diri di suatu tempat," tutupnya.

Berdasarkan data dari Unity, pasar mobile game secara global masih dikuasai China. Negeri Tirai Bambu tersebut menguasai 31 persen gamer mobile di dunia. Untuk posisi kedua ditempati oleh Amerika Serikat dengan 11 persen dan berikutnya adalah Brazil dengan 5 persen.

(ahl)

Baca Juga

<i>Lapras</i> Muncul, Pemain '<i>Pokemon Go</i>' di Jepang Padati Jalan Raya

Lapras Muncul, Pemain 'Pokemon Go' di Jepang Padati Jalan Raya