Ibnu Haitham, Ilmuwan Muslim Pencetus Kamera Pertama

Ibnu Haitham, Ilmuwan Muslim Pencetus Kamera Pertama

Camera obscura (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Beberapa ilmuwan muslim mencatatkan sejarah gemilang untuk teknologi yang hingga kini terus dipakai oleh manusia. Setelah Abbas bin Firnas penemu teknologi pesawat terbang, Ibnu Haitham turut melahirkan temuan.

'Buku 1001 penemuan dan Fakta Mempersona Peradaban Muslim' mengungkap hasil eksperimen yang dilakukan oleh Ibnul Haitsam dengan cahaya di ruangan gelap. Temuan yang dikenal dengan nama 'camera obscura' menjadi dasar penemuan kamera modern.

Ibnul-Haitsam, seorang hali matematika, ahli astronomi dan ahli fisika menggunakan percobaan untuk melanjutkan penelitian Al-Kindi dan menghasilkan teori penglihatan yang lebih rinci.

Ibnul-Haitsam meneliti kamera berlubang kecil ketika dia menjadi tahanan rumah di Kairo, Mesir. Setelah menemukan bahwa semakin kecil lubangnya, semakin terfokus cahaya dan semakin tajam gambar yang dihasilkan.

Ia membuktikan bahwa cahaya merambat melalui garis lurus. Penemuan ini mengarah ke penemuan camera obscura, awal mula kamera modern.

Camera obscura terdiri atas ruang gelap yang luas, seukuran kamar kecil, dengan lubang untuk masuknya cahaya. Bayangan yang diproyeksikan oleh cahaya dijiplak di atas permukaan kertas untuk kemudian menghasilkan foto.

(ahl)

Baca Juga

Astronom Temukan Penampakan Komet Baru

Astronom Temukan Penampakan Komet Baru