Tips Foto Smartphone: Hindari Gunakan Flash

Tips Foto Smartphone: Hindari Gunakan Flash

Ilustrasi Fotografi Ponsel.

JAKARTA - Disaat memotret dalam keadaan kurang cahaya, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan flash. Padahal terdapat pilihan lain untuk bisa mendapatkan pencahayaan bahkan bahkan di saat malam hari.

Sebagaimana dilansir Android Pit, Selasa (20/9/2016), penggunaan lampu kilat atau disebut flash sebaiknya anda hindari sekalipun menggunakan kamera DSLR. Kamera flash dapat membuat objek tidak tampil alami. Akan ada sudut yang lebih gelap dan juga terang. Gunakan flash hanya pada saat tertentu saja seperti pada saat di bawah terik matahari. Fungsinya ialah untuk menghilangkan efek banyangan yang tampak keras.

Untuk menambahkan masukan cahaya, sebaiknya menaikkan metering yang biasanya ditandai dengan simbol EV dan juga ISO. Semakin tinggi nilai EV dan ISO makin banyak cahaya yang masuk. Hanya saja yang perlu diingat saat menaikkan ISO, noise atau bercak-bercak yang terdapat pada foto akan lebih banyak.

Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan fitur HDR (high dynamic range) yang saat ini telah ada di hampir semua smartphone. Dengan fitur ini, gambar yang dihasilkan akan memiliki pencahayaan yang lebih merata.

Pilihan lain yang bisa diambil ialah dengan mengaktifkan fitur mode malam. Sebagian besar smartphone telah memiliki fungsi ini. Dengan begitu, bagi anda yang tidak mau repot mengatur ISO dan metering bisa menggunakan mode ini.

(kem)

Baca Juga

Cara Menggunakan Fitur Bedtime di iOS 10

Cara Menggunakan Fitur Bedtime di iOS 10