Mengulik Fitur Baru di iMessage iOS 10 (2 -Selesai)

Mengulik Fitur Baru di iMessage iOS 10 (2 -Selesai)

Mengulik Fitur Baru iMessage di iOS 10 (II) (Foto: imagazin)

JAKARTA – Pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch baru saja kedatangan update iOS 10 pada 13 September 2016. Dari seluruh fitur yang datang, iMessage adalah aplikasi yang banyak mendapat pembaruan.

Seperti yang diketahui, iMessage adalah aplikasi pesan singkat bawaan Apple yang biasanya hanya bertuliskan Messages di home screen Anda. Di pembaruan teranyar, iMessage dipersenjatai dengam stiker, games, pengiriman lagu, gambar, bahkan GIF.

Bagaimana cara menggunakannya? Berikut sejumlah fitur baru dan cara memanfaatkannya:

 

Baca berita sebelumnya di Mengulik Fitur Baru di iMessage iOS 10 (I)

 

Mengirim Stiker

Masih ingat dengan tombol panah ke kanan di boks iMessage? Tekan tombol itu dan cari stiker yang Anda inginkan di ikon Apple Store. Setelah Anda mengunduh set stiker yang Anda inginkan, Anda bisa langsung menggunakannya.

Animasi

Tahukah Anda bahwa kini iMessage juga bisa mengirim gambar bergerak yang Anda buat sendiri? Untuk menggunakannya, buka percakapan lalu tekan tombol hati dan jari yang ada di dalam tanda panah ke kanan boks pesan iMessage.

Ada beberapa cara untuk membuat animasi bergerak, misalnya menyentuh sebentar dengan dua jari akan membuat bentuk bibir atau menekan lama dengan satu jari akan membuat bola api. Anda juga bisa mengganti warna animasi dengan memilih tanda di atas ikon rekam. Setelah selesai, kirim dengan menekan tombol panah ke atas berwarna biru.

Mengirim GIF

Anda bisa mengirim GIF secara langsung baik dari Safari atau aplikasi pihak ketiga. Jika Anda ingin mengirim melalui aplikasi pihak ketiga misalnya Giphy, Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di dalam ikon Apple Store. Kemudian Anda bisa memilih GIF langsung di dalam iMessage dan mengirimnya.

Jika Anda tak ingin menghabiskan memori dengan aplikasi GIF pihak ketiga, yang perlu Anda lakukan adalah mencari GIF melalui Safari lalu menyalinnya dengan meng-klik copy pada GIF. Salin di kotak iMessage lalu kirim.

Mengirim Reaksi

Anda terkejut dengan pesan yang dikirimkan teman? Anda bisa mengeskpresikannya dengan cara instan. Apple telah memberikan lima reaksi termasuk love, jempol mengarah ke atas, jempol mengarah ke bawah, HAHA, tanda seru dan tanda tanya.

Cara memunculkan tanda reaksi itu mudah. Anda hanya perlu menekan lama pesan yang ingin Anda beri reaksi. Tombol reaksi akan secara otomatis muncul, Anda hanya tinggal memilihnya.

(kem)

Baca Juga

Trik Sederhana saat Sinyal Ponsel Lemah

Trik Sederhana saat Sinyal Ponsel Lemah