Tips Fotografi Smartphone: Hindari Penggunaan Zoom

Tips Fotografi Smartphone: Hindari Penggunaan Zoom

Ilustrasi Memotret dengan Smartphone.

JAKARTA - Lensa kamera smartphone pada hakekatnya memiliki panjang focal berbeda dengan kamera saku digital dan juga DSLR yang memiliki rentang lebih panjang. Oleh karenanya, untuk mendapatkan objek dengan jarak jauh, pengguna kerap kali menggunakan fitur zooming di kamera smartphone.

Istilah zooming adalah memperpanjang jarak pandang pada lensa supaya objek bisa terlihat lebih dekat. Padahal, untuk ukuran kamera smartphone, hal tersebut bisa merusak kualitas foto sebagaimana dilansir Android Pit, Rabu (21/9/2016).

Selain itu, efek goncangan juga akan lebih terasa sehingga dibutuhkan kestabilan yang lebih dan juga foto yang dihasilkan akan memiliki detail yang kurang. Kecuali, ponsel yang anda miliki telah memiliki fitur optical zoom seperti yang terdapat pada samsung Galaxy K Zoom dan juga smartphone lainnya dengan fitur serupa.

Memotret dengan menggunakan kamera smartphone sebaiknya memiliki jarak yang tak terlalu jauh dengan objek yang akan dipotret. Selain karena akan memiliki tampilan yang lebih jelas, Anda tak perlu lagi melakukan teknik zooming.

Cara lain untuk bisa mendapatkan foto dengan objek dari kejauhan ialah dengan menambahkan aksesori lensa extender yang kini telah banyak dijual di pasaran.

(kem)
  • techno user tri darmaji
    tri darmaji • 7 hari lalu
    ia yah mending beli aksesoris zoom external hasil zoomnya pasti lebih bagus ga blur lagi. kan sayang moment yang langka karena zoom jadi jelek hasilnya
    Beri Tanggapan

Baca Juga

Perhatikan Hal Ini saat Memotret <i>Still Life</i>

Perhatikan Hal Ini saat Memotret Still Life