Pusat Peragaan Iptek Lampung Resmi Berdiri

Pusat Peragaan Iptek Lampung Resmi Berdiri

(Foto: Tri Purna Jaya/Okezone)

BANDAR LAMPUNG - Pusat Peragaan Ilmu dan Teknologi Lampung diresmikan. Sejumlah kampus ikut serta menyumbangkan hasil karya teknologinya.

Peragaan Iptek Lampung yang dipusatkan di Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (Perpusda) Lampung itu diresmikan bersamaan Hari Kunjungan Perpustakaan, Rabu (21/9/2016).

Kepala Perpusda Lampung Herlina Warganegara mengatakan, pusat peragaan Iptek ini dibuat agar masyarakat tahu potensi perguruan tinggi dan sekolah di Lampung, khususnya perkembangan teknologi dan pertanian.

"Untuk memberi tahu kepada masyarakat bahwa Lampung itu mempunyai potensi yang bagus," katanya.

Sejumlah kampus yang ambil bagian di antaranya, Universitas Bandar Lampung (UBL) yang memamerkan teknologi kinect untuk dunia pertanian. Kemudian Teknokrat menampilkan pompa air bertenaga surya.

"Unila (Universitas Lampung) menampilkan mesin ground penetrating radar untuk deteksi batuan bawah tanah dan mineral di dalam bumi," katanya.

Lalu Darmajaya memamerkan CAT Polda, perangkat lunak untuk tes kepolisian. "SMK juga ambil bagian. Potensi SMK di Lampung untuk sektor teknologi ini bagus," katanya.

Beberapa di antaranya adalah, SMK 2 Metro dengan karyanya handtracktor remote, lalu SMK 1 Metro dengan Bank Sampah. Dan SMK 1 Punggur menampilkan alat oven kakao bertenaga surya.

(ahl)

Baca Juga

Misi Rosetta ESA Diprediksi Mendarat Hari Ini

Misi Rosetta ESA Diprediksi Mendarat Hari Ini