Mikroba Diyakini sebagai Hewan Pertama Penghuni Bumi

Mikroba Diyakini sebagai Hewan Pertama Penghuni Bumi

Fosil Mikroba.

WASHINGTON - Berdasarkan bukti yang didapat, mikroba diduga telah hidup di Bumi 3,7 miliar tahun lalu atau sekira 1 miliar tahun setelah planet dibentuk. Dalam 600 juta tahun yang lalu tidak ditemukan adanya fosil dari hewan dalam periode Ediacaran.

Dilansir Space, Kamis (22/9/2016), banyaknya jejak fosil hewan yang ditemukan dalam 'kerut' struktur, pegunungan kecil, dan lubang kecil diduga merupakan bukti dari keberadaan mikroba kuno. Fosil tersebut terdiri atas lapisan mikroorganisme dan tanda-tanda kehidupan mikroba.

Tanda-tanda adanya mikroba tersebut tersebar luas pada periode Prakambrium, yakni periode sebelum kehidupan hewan menjadi sangat umum dan beragam seperti saat ini.

Para ilmuwan sedang berusaha untuk menempatkan kehidupan awal dari kerajaan animalia dengan mengandalkan jejak kaki, goresan, makanan, atau tanda-tanda dari lubang. Beberapa ilmuwan mengklaim menemukan jejak fosil yang dibuat oleh hewan lebih dari 1 miliar tahun yang lalu.

Dengan adanya bukti tersebut, mereka berharap bisa mengungkap kontroversi mengenai bagaimanakah kehidupan binatang bisa sampai saat ini. Selain mikroba, ilmuwan juga melacak fosil hewan bertubuh lunak dari zaman Ediacaran sehingga dapat mempelajari hewan tersebut dari awal.

(kem)

Baca Juga

NASA Mulai Program 160 Hari Simulasi Mars

NASA Mulai Program 160 Hari Simulasi Mars