Tips Fotografi Smartphone: Jaga Keseimbangan

Tips Fotografi Smartphone: Jaga Keseimbangan

Tips Fotografi.

JAKARTA - Menjadikan momen sebagai kenang-kenangan kini kian mudah dengan adanya perangkat bernama smartphone. Bukan hanya sebagai alat komunikasi, smartphone juga dapat menjadi pengganti kamera saku.

Hampir setiap orang memiliki smartphone di kantong celananya. Setiap orang kini bisa menjadi fotografer karena setiap smartphone telah dibekali fitur kamera di bagian punggungnya. Masalahnya adalah bagaimana cara untuk mendapatkan foto yang baik meski hanya menggunakan kamera smartphone?

Berikut ini tips untuk menjaga hasil foto agar tampak jelas yang dapat Anda lakukan saat menemukan objek maupun momen yang tak ingin dilewatkan, sebagaimana dilansir iso500px, Rabu (21/9/2016).

Menurut Tony Antoniou, seorang fotografer yang berbasis di Inggris, hal mendasar untuk mendapatkan foto terbaik adalah dengan menjaga keseimbangan. Meskipun saat ini telah tersedia fitur tahan guncangan (image stabilization) pada kamera smartphone, namun hal tersebut tidak menjamin hasil foto akan lebih baik.

Ia menyarankan untuk menggunakan kedua tangan saat akan memotret. Dengan begitu, satu tangan bisa menjadi penopang dan satu tangan lagi untuk menekan tombol rana (shutter). Lebih lanjut, Tony menyarankan agar menggunakan tombol fisik seperti volume untuk dijadikan sebagai tombol rana.

Hal itu bertujuan untuk meminimalkan adanya guncangan yang terjadi saat menekan tombol rana pada layar. Dengan penggunaan tombol fisik, kedua tangan akan lebih erat saat memegang smartphone, sehingga tidak menimbulkan guncangan yang telalu besar.

Anda dapat mengatur pemilihan tombol rana pada menu pengaturan di aplikasi kamera smartphone Anda. Selain itu, ia juga menyarankan untuk menggunakan continous mode agar bisa merekam setiap momen yang terjadi dengan sangat cepat.

(kem)

Baca Juga

Cara Hentikan Pembaruan Otomatis di Android

Cara Hentikan Pembaruan Otomatis di Android