Head to Head, Galaxy Note 7 dengan iPhone 7 Plus

Head to Head, Galaxy Note 7 dengan iPhone 7 Plus

Head to Head, Galaxy Note 7 dengan iPhone 7 Plus (Foto: Okezone)

JAKARTA - Samsung awalnya merencanakan untuk meluncurkan Galaxy Note 7 pada 1 September di Indonesia. Peluncuran diundur hingga 17 September karena tingginya permintaan.

Sayangnya, perusahaan asal Korea Selatan itu menghadapi penarikan Galaxy Note 7 secara global karena cacat baterai. Okezone berkesempatan mencicipi phablet andalan Samsung untuk mengalahkan iPhone 7 Plus di paruh akhir 2016 tersebut.

Layar dan stylus

Samsung memberikan layar berukuran 5,7 inci dengan resolusi 1.440 x 2.560 piksel Super AMOLED. Layarnya cukup lebar bagi pengguna yang hobi corat coret di atas ponsel dan terbukti cukup menunjang produktivitas dan hiburan. Dari segi layar, iPhone 7 Plus membawa layar 5,5 inci yang hanya sedikit lebih kecil dari Note 7.

Yang special dari layar Note 7 dibandingkan dengan iPhone 7 adalah dia memiliki empat mode khusus. Pertama adalah Adaptive Display, AMOLED Cinema, AMOLED Photo, and the Basic Screen Mode. Mode ini tidak hanya berguna untuk menyesuaikan kebutuhan daya ponsel tetapi juga menyesuaikan kemampuan mata.

Ketika ponsel membutuhkan baterai yang bertahan lebih lama, maka basic screen mode akan menjadi pilihan lebih tepat. Jika Anda ingin melihat penampilan layar dengan warna yang lebih tajam dan bagus serta memiliki daya yang cukup, maka Adaptive Display adalah yang terbaik.

Tak sampai di situ, Samsung juga memberikan fitur Blue Light Filter yang mempermudah mata melihat layar ponsel di malam hari. Ini sama seperti Night Shift di perangkat iOS termasuk iPhone 7.

Dari sisi produktivitas, Samsung memberikan fitur aplikasi drawer yang secara otomatis akan muncul begitu stylus ditarik dari Note 7. Pengguna bisa menggunakan stylus untuk menggambar, menulis, serta mengerjakan tugas.  Ini karena aplikasi Notes sudah digabung menjadi satu, bukan lagi lima aplikasi berbeda sehingga Anda bisa menyimpan file mulai dari gambar, tulisan, maupun suara menjadi satu.

Note 7 memiliki fitur screen write yang memungkinkan Anda menandai tampilan yang terlihat di layar hanya dengan satu sentuhan. Yang lebih menarik, pengguna bisa memanfaatkan smart select untuk memilih area tertentu di tampilan layar. Pengguna tidak perlu lagi melakukan editing atau krop gambar screen capture. Smart select juga memungkinkan pengguna untuk mengambil catatan dari teks yang sudah dipilih.

 

Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, Stylus Samsung juga mampu menerjemahkan kata yang ditunjuk. Dalam percobaan, Okezone menemukan bahwa fitur ini cukup membantu karena pengguna tidak perlu membuka aplikasi lain untuk menemukan arti kata tertentu di sebuah laman. Ini dilakukan dengan air command. Sayangnya, penerjemahan hanya bisa digunakan untuk satu kata.

Kendati demikian, layar melengkung pada Note 7 tampaknya cukup mengganggu untuk digunakan menggambar. Tak jarang, pengguna akan merasa kesulitan untuk menggambar di bagian sisi kanan dan kiri yang melengkung.

(kem)
Berita Rekomendasi iPhone 7s

Baca Juga

Cara Menggunakan Fitur Bedtime di iOS 10

Cara Menggunakan Fitur Bedtime di iOS 10