Google Pixel Bakal Batasi Pengguna Lakukan Root

Google Pixel Bakal Batasi Pengguna Lakukan Root

Sistem Root.

WASHINGTON – Sebagian pengguna Android kemungkinan memilih ponsel karena keterbukaan dan kebebasannya karena memiliki aspek open source. Salah satunya ialah dengan melakukan rooting untuk mengakses fitur yang ataupun sistem sebelumnya tidak bisa diakses oleh pengguna.

Namun terdapat kabar tak baik bagi perangkat Google Pixel. Sebagaimana dilansir Phone Arena, Kamis (22/9/2016), perangkat tersebut akan membatasi pengguna untuk tidak melakukan rooting pada ponselnya. Sebagai bagian dari seri Nexus Google Pixel akan menjadi perangkat yang sulit untuk di-root dan memodifikasi ROM.

Sedangkan keuntungannya ialah perangkat tersebut akan menjadi yang tercepat dalam menerima pembaruan perangkat lunak melalui OTA (over the air). Bahkan jika bisa, mendapatkan fitur terbaru dengan cepat dengan custom ROM dan fitur root lainnya.

Baru-baru ini Google diketahui telah merilis API kepada pengembang untuk mencegah ponsel yang telah di-root atau ponsel yang terkategori tidak aman untuk menjalankan aplikasi yang dibuatnya. Aturan tersebut telah dijalankan oleh ‘Pokemon Go’ dengan mencegah smartphone yang telah di-root untuk memainkannya.

(kem)

Baca Juga

Aplikasi <i>Video Call</i> Pengisi Waktu Luang di Android (2-Habis)

Aplikasi Video Call Pengisi Waktu Luang di Android (2-Habis)