Menjelajah Panorama Mars dengan Teknologi 360 Derajat

Menjelajah Panorama Mars dengan Teknologi 360 Derajat

(Foto: Jpl.nasa)

CALIFORNIA - Ada yang menarik, NASA Curiosity Mars Rover di Murray Buttes (360 View), menghadirkan project dengan menjelajahi panorama Mars dengan memindahkan tampilan dengan mouse atau perangkat mobile.

Diketahui panorama 360 derajat yang telah diakuisisi pada 5 Agustus 2016, dari Mastcam NASA Curiosity Mars rover sebagai rover yang mendekati fitur disebut "Murray Buttes" di bawah Gunung Sharp.

Dikutip dari Jpl.nasa, Kamis (22/9/2016), dalam gelap Mars terlihat datar di sebelah kiri lengan rover dengan jarak 50 kaki atau sekitar 15 meter tinggi dan di bagian atas 200 kaki (sekitar 60 meter) lebar.

Akan tetapi, tidak semua browser dapat mendukung peninjauan 360 video/gambar. YouTube mendukung upload dan pemutaran 360 derajat video/gambar pada komputer yang menggunakan Chrome, Firefox, Internet Explorer, dan browser Opera.

Jika browser Anda tidak mendukung 360, maka pandangan statis gambar panorama yang sama akan tersedia pada panorama 360 derajat melalui Camera Mast (Mastcam) dari Curiosity Mars rover NASA sebagai rover mendekati fitur yang disebut "Murray Buttes".

Nantinya, pandangan menggabungkan lebih dari 130 gambar. Latar depan relatif datar merupakan bagian dari lapisan geologi disebut pembentukan Murray, yang terbentuk dari endapan lumpur dasar danau.

Buttes dan mesa naik ke atas permukaan merupakan sisa-sisa erosi dari batu pasir kuno yang berasal ketika angin diendapkan pasir. Adegan ini disajikan dengan penyesuaian warna yang mendekati keseimbangan putih, menyerupai bagaimana batu-batu dan pasir akan muncul di bawah kondisi pencahayaan siang hari di Bumi.

Project ini ditujukan untuk mengeksplorasi planet Mars, mensimulasikan lingkungan Mars dengan Rover, jenis batuan, dan perintah baru. Nantinya pengguna dapat menentukan set paling efisien dari perintah untuk menavigasi sebuah Rover menggunakan data ilmiah.

Bagaimana cara memprogram Rover (penjelajah) akan bergerak dan bertindak secara mandiri, serta menjalankan uji coba untuk mengevaluasi dan merancang simulasi lingkungan Mars serta mem-program Rover untuk mengeksplorasi Mars secara mandiri.

Sementara Jet Propulsion Laboratory, merupakan sebuah divisi dari Caltech yang tugasnya mengelola proyek Mars Science Laboratory Project for NASA Sciene Mission Directorate, Washington, dan dibangun oleh Project Curiosity.

(kem)

Baca Juga

Pertama di Dunia,Anak Lahir dengan Tiga DNA Orangtua