Cara Mengamankan Akun Yahoo

Cara Mengamankan Akun Yahoo

Cara Mengamankan Akun Yahoo Anda (Foto: Indian Express)

JAKARTA – Yahoo kemarin mengungkap bahwa 500 juta akun pelanggannya telah terancam peretasan. Sementara ini adalah peretasan tersebar, Yahoo meminta pengguna untuk mengganti password atau mengamankan akun masing-masing.

Kendati demikian, pertanyaan pertamanya tentu adalah apakah Anda terkena dampak atau tidak? Bagaimana mengetahui apakah akun Anda aman atau tidak?

Berikut langkah-langkah mengetahui apakah akun Yahoo Anda berisiko:

Login ke akun Yahoo

Ini adalah langkah yang jelas perlu Anda lakukan jika ingin mengecek keamanan akun Yahoo. Yahoo sendiri sebenarnya punya 225 juta pengguna aktif bulanan yang memanfaatkan akun YMail.

Ganti password

Yahoo meminta seluruh pengguna, terutama mereka yang tidak pernah mengganti password sejak 2014, untuk mengganti password.

Brett McDowell, Eksekutif Direkutur di FIDO Alliance yang meneliti sistem login menyankan pengguna untuk membuat password yang tidak mudah ditebak. “Pengguna Yahoo pada umumnya membuat password yang sangat rentan,” kata dia.

Tanya diri Anda

Sangat sulit mengingat masing-masing password untuk banyak laman yang Anda miliki. Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk menyamakan password dari satu profil media sosial atau dari satu akun dengan akun lainnya.

Kendati demikian, ini adalah ide yang sangat buruk. Sebab, jika satu akun Anda ditembus maka kemungkinkan besar, akun Anda di situs lain yang menggunakan akun yang sama juga bakal dibobol.

Hapus akun lama

Ketika Anda berpikir sudah tak lagi memerlukan akun lama, lebih baik hapus saja akun tersebut. Dengan demikian, ketika situs tersebut berisiko dibobol Anda dalam kondisi aman, karena tak terhubung.

(kem)

Baca Juga

Lenovo Disebut Rumahkan 700 Pegawai Motorola

Lenovo Disebut Rumahkan 700 Pegawai Motorola