Langkah yang Harus Dilakukan Jika Akun Yahoo Terlanjur Diretas

JAKARTA – Sebanyak 500 juta akun Yahoo telah dicuri oleh hacker pada 2014. Yahoo menyebutkan ‘aktor yang disponsori negara’ sebagai pelaku kriminalitas cyber ini.

Pertanyaannya, bagaimana jika Anda adalah salah satu pemilik dari 500 akun tersebut? Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk kembali mendapatkan akun Anda.

Ubah Password

 

Segera masuk ke akun Yahoo Anda dan ubah password-nya. Jangan gunakan password yang sudah pernah Anda gunakan di situs lainnya. Kebanyakan hacker yang mampu meretas satu situs akan mampu meretas situs lainnya karena password sama yang digunakan netizen.

Pilih Password yang Baik

Kombinasikan antara huruf, karakter dan angka. Hindari password yang mudah ditebak seperti 123456 atau p-a-s-s-w-o-r-d.

Gunakan Password Manager

 

Password yang kuat dan banyak sangat sulit untuk diingat. Gunakan password manager untuk mambuat dan menyimpan password. Dengan begitu, Anda hanya perlu mengingat satu password di password manager ini.

Update Pertanyaan Keamanan

 

Jika Anda melupakan password cara paling mudah untuk mendapatkannya kembali adalah dengan menjawab pertanyaan keamanan. Untuk menghindari hacker mendapatkan jawaban dari pertanyaan keamanan Anda, update pertanyaan dengan sesuatu yang sulit ditebak oleh orang lain.

Hindari memilih jawaban yang bisa dicari secara online. Hindari pula jawaban yang bisa ditemuka di sosial media Anda.

Waspada

Yahoo meminta pengguna untuk mengecek hal mencurigakan di semua layanannya termasuk e-mail, kalender, grup, dan lainnya. Namun yang paling perlu diwaspadai adalah email masuk.

Jangan pernah asal membuka file dan mengunduhnya bahkan jika sumbernya terlihat baik-baik saja. Jangan pernah membagikan password atau informasi akun melalui email.

Nyalakan Otentifikasi Dua Faktor

 

Yahoo merekomendasikan pengguna untuk menggunakan alat otentifikasi dua faktor, Yahoo Account Key. Alat ini memungkinkan Anda yang lupa akan password Anda namun data Anda akan jauh lebih aman karena ada beberapa langkah ekstra yang perlu Anda lalui ketika membuatnya. Otentifikasi ganda ini juga lebih aman jika dibandingkan dengan proteksi biasa. Setiap kali Anda mengakses akun, Anda akan mendapatkan notifikasi di ponsel Anda.

(kem)

Baca Juga

Aplikasi Kencan Terbaik <i>Bikin</i> Waktu Efisien (1)

Aplikasi Kencan Terbaik Bikin Waktu Efisien (1)