Yahoo! Diretas, 500 Juta Akun Pengguna dalam Bahaya

Yahoo! Diretas, 500 Juta Akun Pengguna dalam Bahaya

(foto: Reuters)

SAN FRANCISCO – Yahoo! kembali dihujat oleh masyarakat. Kali ini ratusan juta akun Yahoo! dikonfirmasi telah dicuri oleh sebuah kelompok peretas. Peristiwa peretasan ini diduga terjadi pada 2014.

Peristiwa tersebut diklaim sebagai kasus peretasan terbesar sepanjang sejarah. Pasalnya, tak kurang dari 500 juta akun pengguna Yahoo! dibobol. Berikut ini informasi terbaru seputar peristiwa itu.

Siapa peretas ini?

Menurut Yahoo!, para peretas ini disponsori oleh suatu negara. Dengan kata lain, peretas dibantu oleh teknologi canggih.

Apa yang peretas curi?

Peretas mengambil nama pengguna, e-mail, nomor telefon, tanggal lahir, dan password. Dalam beberapa akun, mereka mencuri beberapa pertanyaan keamanan.

Apakah peretas masuk ke setiap akun?

Belum tentu. Kabar baiknya adalah Yahoo! menggunakan kriptografi yang disebut “Hashing”. Dengan sistem ini, peretas harus menggunakan komputer superkuat untuk memecahkan password. Kabar buruknya, banyak pengguna yang masih menggunakan password umum.

Kenapa Yahoo! tidak memberi tahu dari awal?

Diduga Yahoo! tidak sadar akan bahaya yang menimpa. Padahal, kabar peretasan ini sudah terendus sejak Agustus. Demikian seperti dikutip dari Fortune, Jumat (23/9/2016).

(kem)

Baca Juga

Mendominasi Pasar, Apple Terancam Dituntut di Jepang

Mendominasi Pasar, Apple Terancam Dituntut di Jepang