iOS 10 Dianggap Rentan Dibobol Dibanding iOS 9

iOS 10 Dianggap Rentan Dibobol Dibanding iOS 9

iOS 10.

MOSKOW - Biasanya pertumbuhan iOS dengan pembaruan terbaru membawakan peningkatan pada fitur dan keamanannya. Namun hal tersebut tampaknya tak terjadi pada pembaruan di iOS 10 kali ini.

Dilansir Phone Arena, Jumat (23/9/2016), perusahan kemananan siber asal Rusia Elcomsoft melaporkan Apple telah mengimplementasikan sebuah mekanisme verifikasi password terbaru yang memiliki celah brute froce yakni meretas dengan cara menebak password.

Celah keamanan tersebut memiliki kerentanan lebih cepat hingga 2.500 kali yang tampaknya melewati pemeriksaan keamanan tertentu di sistem operasi iOS 9. Peneliti lainnya bernama Per Thorsheim menjelaskan, penurunan algoritma pada iOS 10 dari SHA1 dengan 10K ke SHA256 berpotensi memiliki celah terjadinya brute-force password di prosesor komputer pada umumnya.

Elcomsoft mengatakan, serangan brute-force hanya dapat diterapkan di pencadangan iOS 10 dan dapat digunakan peretas untuk menyerang jika memiliki akses ke perangkat korbannya, akun Apple, dan komputer pribadi. Apple sendiri masih belum memiliki tanggapan akan hal ini.

(kem)

Baca Juga

Ini Jajaran Aplikasi Permudah Membaca eBook (2-Habis)

Ini Jajaran Aplikasi Permudah Membaca eBook (2-Habis)