Terapi Tato Temporer Bisa Redakan Penyakit Kronis?

Terapi Tato Temporer Bisa Redakan Penyakit Kronis?

(Foto: Medicalxpress)

CALIFORNIA - Studi proof-of principle yang dipimpin oleh ilmuwan Baylor Christine Beeton mengungkapkan kemungkinan terapi tato temporer dapat membantu mengendalikan penyakit kronis di suatu hari nanti.

Menurut para ilmuwan di Baylor College of Medicine, mengakui temuan ini telah diuji dengan nanopartikel antioksidan yang dibuat di Rice University. Sementara laporan jurnal ilmiah yang diterbitkan Beeton menunjukkan bahwa nanopartikel dimodifikasi dengan polyethylene glycol, kemudian diambil bagian dalam sel-sel sistem kekebalan tubuh.

Ini bisa menjadi nilai plus bagi pasien yang menderita penyakit autoimun seperti multiple sclerosis. Beeton mengatakan, tato temporer ditempelkan di bawah kulit. Maka partikel berbasis karbon, konon yang katanya berfungsi meredakan penyakit kronis. Kemudian apabila tato temporer telah memudar sekira satu pekan maka secara perlahan dilepaskan ke dalam sirkulasi sel.

"Dalam sel limfosit T dan B dan makrofag merupakan komponen kunci dari sistem kekebalan tubuh. Dalam banyak penyakit autoimun seperti multiple sclerosis, sel T adalah pemain kunci," ucapnya dikutip dari Sciencedaily, Jumat (23/9/2016).

"Semakin kita mempelajari kemampuan nanopartikel ini, semakin terkejut kita bagaimana berguna mereka bisa untuk aplikasi medis khususnya sebagai penyembuhan penyakit," tambahnya.

(kem)

Baca Juga

Astronom Temukan Penampakan Komet Baru

Astronom Temukan Penampakan Komet Baru