Strategi Viralkan Diri di YouTube

Strategi Viralkan Diri di YouTube

Foto: Kameleon

JAKARTA – Internet cepat yang kini sedang menjadi perhatian pemerintah Indonesia mendorong lahirnya konten berbasis video di dunia maya. Tak sedikit orang yang kini mendulang rezeki dari menjadi YouTuber.

Sebagai seorang YouTuber sukses, Anda tidak hanya bisa menunjukkan bakat dan terkenal tetapi juga mendapatkan pemasukan. Pemasukan itu bisa dari YouTube sendiri atau dari iklan yang disisipkan di dalam konten video Anda.

Namun sebelum meraih sukses, Anda perlu memviralkan diri Anda terlebih dahulu. Brendan Gahan, Direktur Media Sosial untuk Mekanisme, pemenang penghargaan lembaga kreatif, membagikan ‘mekanisme’ memviralkan diri di media sosial termasuk YouTube pada Forbes.

Menurut dia, mekanisme yang digunakan untuk mendapat banyak penonton adalah dengan menggunakan sesuatu yang mereka sebut Candy with the Medicine. Filsafat ini mengakui pesan akan diterima paling baik dalam hiburan.

Membuat video bukanlah sebuah strategi bagi dia, namun merupakan bagian dari strategi tersebut. Anda juga perlu mengetahui siapa saja orang yang bakal menyukai video Anda nanti sehingga segmen Anda lebih jelas.

Lebih lanjut dia juga menjelaskan bahwa menjadi viral bukan hanya berdasarkan satu orang saja. Perlu orang, platform dan rencana yang tepat untuk menjadi viral. Artinya, untuk menjadi viral, Anda perlu strategi, termasuk berkolaborasi dengan YouTuber atau tokoh berpengaruh lainnya.

Anda juga perlu memahami YouTube jika Anda ingin menjadi viral di sana, misalnya dengan mengetahui bahwa YouTube memiliki 10 kategori video yang paling banyak ditonton setiap hari. Pilih kategori tersebut dengan bijak.

Sekali video diposting, Anda dan tim harus mengetahui apa yang akan dilakukan setelahnya. Misalnya apakah Anda akan terus melakukan promosi video tersebut atau membuat video baru sebagai lanjutan.

(kem)

Baca Juga

Cara <i>Streaming</i> Facebook Live Melalui <i>Drone</i>

Cara Streaming Facebook Live Melalui Drone