Perhatikan Hal Ini saat Memotret Still Life

Perhatikan Hal Ini saat Memotret Still Life

Foto Still Life (Foto: Moch Prima)

JAKARTA - Objek foto tak melulu soal makhluk hidup seperti manusia, tetapi juga seputar benda mati atau still life. Adapun contoh dari objek ini adalah patung, boneka, mainan, produk makanan, dan minuman.

Untuk menghasilkan foto still life sejatinya tergantung pada selera masing-masing pemotret, namun yang membedakan foto still life adalah pengambilan gambar (angle) atau pengaturan pencahayaan (lighting).

Pencahayaan foto still life bisa dilakukan dengan cara mengatur jatuhnya sinar pada objek dengan cara menggeser atau memutar objek sampai didapatkan pencahayaan yang tepat. Memotret still life secara sederhana dengan kamera saku juga bisa dilakukan oleh pemotret pemula.

Pemotret still life dengan kamera saku harus lebih jeli serta kreativitas dalam memanfaatkan cahaya alami. Misalnya pemanfaatan cahaya yang masuk ke dalam ruangan melalui celah pintu atau jendela.

Akses gelap yang dihasilkan inilah yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk memotret objek agar menghasilkan foto still life. Demikian seperti dikutip dari 'Fotografi Digital Membuat Foto Indah dengan Kamera Saku' .

(din)

Baca Juga