Tips Backup Kontak Sebelum Reset Factory Android

Tips Backup Kontak Sebelum Reset Factory Android

(Foto: Bgr)

JAKARTA - Saat hendak melakukan reset factory pada ponsel Android, pengguna tentunya memastikan telah melakukan backup foto, file musik, catatan dan lain-lain.

Hal yang tidak kalah penting ialah memastikan nomor kontak terjaga dengan aman atau telah ter-backup. Khusus untuk daftar kontak, secara manual daftar kontak bisa di-backup dengan satu file berformat .vcf (vCard).

Pertama-tama, pengguna bisa mengakses daftar kontak atau Contact. Kemudian pengguna mengakses Manage Contact dan menemukan beberapa pilihan seperti Import/Export, Copy Contacts dan sebagainya.

Untuk mendapatkan file vCard itu, pengguna bisa memilih opsi Export to Storage. Setelah ini, maka file vCard dapat Anda temukan di storage ponsel.

Dari file tersebut, pengguna bisa menyimpannya ke flashdisk terlebih dahulu atau mengirimkan ke email yang dituju, untuk kemudian diunduh lagi secara manual.

Setelah reset factory berhasil dilakukan, semua kontak dari vCard itu bisa di-import kembali, sehingga daftar kontak bisa dipulihkan seperti sebelumnya.

(ahl)

Baca Juga

Cara <i>Streaming</i> Facebook Live Melalui <i>Drone</i>

Cara Streaming Facebook Live Melalui Drone