Head to Head: Menjajal Zenbook 3 Pesaing Macbook Air Milik Asus

Head to Head: Menjajal Zenbook 3 Pesaing Macbook Air Milik Asus

Asus Zenbook 3. (Foto: Moch Prima Fauzi/Okezone)

JAKARTA - Salah satu notebook yang diperkenalkan pada ajang IFA Berlin 2016 milik Asus ialah Zenbook 3. Kini perangkat tersebut telah resmi mendarat di pasaran Indonesia dengan peluncuran yang berbarengan dengan smartphone Zenfone 3 di Nusa Dua, Bali, pada Rabu 7 September 2016.

Sepekan setelah diluncurkan, Zenbook 3 akhirnya hadir di meja redaksi Okezone untuk dijajal kemampuannya. Jika dilihat dari spesifikasi dan desain, perangkat ini hadir untuk menyaingi produk sejenis buatan Apple yakni Macbook Air. Selama dua pekan berada di tangan Okezone, berikut kesan yang disuguhkan Asus melalui notebook berdesain tipis pesaing dari Macbook Air tersebut.

 

Pengalaman Menggunakan Zenbook 3

Zenbook 3 memiliki dimensi layar 1.920 x 1.080 piksel dengan layar LED backlit seluas 12,5 inci. Lapisan terluar layar dilindungi menggunakan Corning Gorilla Glass 4 sehingga akan tahan terhadap goresan. Ia memiliki ketebalan yang sangat tipis yakni 11,9 cm dengan bobot yang hanya kurang dari satu kilogram yakni 910 gram.

Hal tersebut akan memudahkan pada saat dibawa ke manapun karena terasa lebih ringan dan ringkas dengan ukurannya yang cukup kecil. Namun akibat dari desainnya yang tipis, Asus hanya sanggup menyertakan dua port konektivitas yakni USB tipe C dan sebuah port audio.

Untuk melakukan perpindahan data, Anda harus memanfaatkan fitur bluetooth yang pada saat dicoba, hanya bisa mentransfer data dari notebook ke smartphone, tidak sebaliknya. Anda bisa membeli aksesori tambahan berupa dongle USB tipe C yang terhubung ke USB 3.0 untuk bisa melakukan perpindahan data secara dua arah.

 

Selama diuji coba, Asus Zenbook 3 sanggup beroperasi hingga 7 jam lebih dengan penggunaan untuk mengetik, memainkan musik, dan menonton film. Sementara pengisian dayanya memakan waktu sekira 1,5 jam. Pada saat uji coba multimedia seperti menonton film dan memutar musik, suara serta tampilan yang disuguhkan sangat memuaskan.

Berkat SonicMaster Premium Technology dan built in Stereo 1.6 W quad-speaker, suara yang dikeluarkan terdengar jernih dan juga jelas. Tidak seperti pada notebok kelas menengah ke bawah yang biasanya terasa terpendam. Pada Zenbook 3 suara bass dan treble-nya cukup memanjakan telinga.

Pada saat uji performa menggunakan benchmark CineBench R15, Asus Zenbook 3 mendapatkan skor 316 cb pada pengujian CPU. Sedangkan pada pengujian OpenGL atau Grafis, ia mampu menampilkan 45.05 fps. Selama menggunakan Zenbook 3 untuk keperluan mengetik, bermain multimedia, serta browsing internet kami tidak menemukan kendala sama sekali.

 

Perbandingan dengan Macbook Air

Asus Zenbook 3 dipersenjatai oleh prosesor Intel Core i7 yang berjalan hingga 3.5 GHz. Sementara Macbook Air menggunakan Intel Core i5 1.6 GHz yang bisa di-boost hingga 2.7 GHz. Sementara dari segi RAM, Zenbook 3 memiliki kapasitas yang lebih lega yakni 16 GB, atau empat kali lipat dari Macbook Air yang hanya 4 GB.

Keduanya memiliki ukuran layar yang tak jauh berbeda yakni 12,5 inci berbanding 11,6 inci (Macbook Air). Dari segi penyimpanan, Zenbook 3 memiliki kapsitas yang lebih luas yakni 512 GB SSD, sedangkan Macbook Air memiliki storage 128 GB.

Sebagai kompetitor, baik Zenbook 3 dan Macbook Air telah dilengkapi dengan fitur keyboard backlit yang bisa menyala, sehingga tidak akan terganggu saat mengetik di ruangan gelap sekalipun.

Satu hal yang tidak tercantum pada Macbook Air ialah adanya fitur fingerprint di Asus Zenbook 3. Sedangkan keunggulan yang dimiliki oleh Macbook Air ialah tersedianya lubang konektivitas seperti dua port USB 3, satu port Thunderbolt 2, dan juga port audio 3.5 mm.

(kem)

Baca Juga

Ini Cara Melaporkan Berita Hoax di Facebook

Ini Cara Melaporkan Berita Hoax di Facebook