Dorong Migrasi, XL Tambahkan Frekuensi 900 MHz

Dorong Migrasi, XL Tambahkan Frekuensi 900 MHz

XL (Foto: Moch Prima Fauzi)

JAKARTA - Untuk mendorong pengguna 2G ke 3G di kawasan Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan, XL Axiata (XL) mulai menggunakan jaringan frekuensi 900 MHz atau disebut U900. Melalui frekuensi tersebut akses internet dikatakan bisa mencapai 21 Mbps.

"Setelah mendapatkan sertifikasi komersialisasi, kami bisa menghadirkan tambahan layanan 3G di frekuensi 900 MHz dengan wilayah yang jauh lebih luas," ungkap Yessie D. Yosetya Direktur Service Management Officer XL Axiata, Senin (3/10/2016).

Melalui implementasi U900 ini, dikatakan bahwa akan meningkatkan kualitas layanan internet dari frekuensi 3G sebelumnya. Jangkauan frekuensi 900 MHz juga diklaim mampu menjangkau zona-zona perbatasan.

Dengan adanya penambahan frekuensi ini, XL Axiata turut pula menambahkan BTS (base transceiver station) lebih sari 11 ribu yang melayani jaringan 3G yang tersebar di 352 kota atau kabupaten di Indonesia.

Penambahan jaringan di frekuensi 900 MHz ini juga disebut sejalan dengan program Indonesia Broadband Plan (IBP) yang dicanangkan oleh pemerintah dengan menyediakan broadband hingga ke pelosok daerah.

Adapun salah satu tujuan penetrasi jaringan di tiga pulau di luar Jawa tersebut ialah untuk menarik minat pengguna 2G di kawasan tersebut yang diketahui memiliki potensi perpindahan ke jaringan 3G yang cukup besar dengan ditandai dengan keberadaan handset pendukungnya

(din)

Baca Juga

Operator Seluler Jaga Kualitas Jaringan di Area Aksi Damai 212

Operator Seluler Jaga Kualitas Jaringan di Area Aksi Damai 212