Bukan Snake, Inilah Game Ponsel Tertua di Dunia

Bukan Snake, Inilah Game Ponsel Tertua di Dunia

(Foto: YouTube)

SOLO - Snake dan Space Impact, mungkin itu yang terlintas di benak seseorang ketika ditanya soal game ponsel tertua di dunia. Tetapi tahukah Anda? Ada game yang jauh lebih tua dari dua permainan legendaris di ponsel lawas Nokia itu.

Dihimpun Solopos.com dari laman Phonearena dan Wikipedia, Selasa (4/10/2016), Snake sebenarnya sudah muncul sebagai video game sejak 1978. Namun di ranah ponsel, Snake baru dikenal ketika menjadi permainan bawaan Nokia 6110 yang dirilis pada 1997.

Sedangkan Space Impact usianya lebih muda daripada Snake. Game yang bercerita tentang perjalanan pesawat luar angkasa melawan alien itu meluncur perdana pada 2002 bersamaan dengan dirilisnya ponsel Nokia 3310.

Sementara yang lebih tua dari Space Impact dan Snake adalah game menyusun balok seperti permainan Tetris pada gimbot. Permainan itu hadir di MT-2000, pelopor ponsel tanpa antena eksternal. Ponsel berlayar sempit dan monokrom tersebut dirilis Hagenuk, pabrikan asal Denmark pada 1994.

Kendati demikian permainan mirip Tetris itu juga bukan game ponsel pertama di dunia. Setahun sebelumnya atau pada 1993, raksasa komputer IBM menciptakan ponsel bernama Simon Personal Communicator yang merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan teknologi Bellsouth.

Pada ponsel berlayar sentuh yang dapat dioperasikan menggunakan stylus itu IBM membenamkan sebuah game bernama Scramble. Game tersebut mengharuskan pemain menggeser sejumlah kotak hingga membentuk gambar yang sempurna.

(ahl)
  • techno user Adik Kelinci
    Adik Kelinci • 2bulan lalu
    oooh tetris itu ada dihape juga toh. emang jadul banget tuh game. tapi seru sih hihihi
    Beri Tanggapan

Baca Juga

Kedai Kopi Ini Resmi Jadi <i>Pokestop</i> dan <i>Gym</i> '<i>Pokemon Go</i>'

Kedai Kopi Ini Resmi Jadi Pokestop dan Gym 'Pokemon Go'