Serpihan Roket Falcon 9 yang Jatuh di Sumenep Dibawa ke Amerika

Serpihan Roket Falcon 9 yang Jatuh di Sumenep Dibawa ke Amerika

Perwakilan SpaceX melihat benda serpihan Roket Falcon 9 (Foto: Oris Riswan/okezone)

BANDUNG - Pecahan roket Falcon 9 yang jatuh di Sumenep pada 26 September 2016, dibawa oleh pihak Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX). Perwakilan SpaceX datang langsung ke Kantor Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Jalan Dr Djunjunan, Kota Bandung, siang ini.

Roket Falcon 9 adalah roket yang digunakan untuk meluncurkan satelit komunikasi JCSAT 16 milik Jepang pada 14 Agustus 2016. Tapi pecahan bagian II Roket Falcon 9 memasuki atmosfer padat pada ketinggian 120 kilometer di atas bumi. Pecahan itu kemudian terbakar dan jatuh di kawasan Sumenep, Madura.

"Hari ini akan dibawa ke Amerika oleh perusahaan Space X karena mereka punya kebijakan objek jatuh harus dikembalikan ke perusahaan," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, Jumat (7/10/2016).

Tapi perwakilan SpaceX tidak memberikan penjelasan resmi kepada wartawan. Alasannya, orang yang ditunjuk SpaceX untuk membawa pecahan Falcon 9 tidak punya kewenangan untuk memberikan keterangan resmi pada media di Indonesia.

"Dia bukan pihak yang diberi mandat untuk diberikan penjelasan, jadi kita harus menghargai," jelas Thomas.

Meski begitu, ia mengatakan pihak SpaceX menjamin bahwa pecahan Falcon 9 tidak mengandung unsur berbahaya. Sementara terkait penjelasan rinci soal identifikasi pecahan Falcon 9, menurutnya sudah cukup diwakili oleh pihak LAPAN sehingga pihak SpaceX tidak perlu lagi memberi penjelasan.

(kem)

Baca Juga

Benda Terduga UFO Terlihat Melayang di Atas Gunung Berapi

Benda Terduga UFO Terlihat Melayang di Atas Gunung Berapi